Implementasi Kegiatan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 untuk Menstimulasi Kemampuan Pra-Calistung Anak Usia 3 – 4 Tahun di Dikara Edu Center Kedamean – Gresik

Authors

  • Umi Masturoh
  • Fitrianti Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v5i1.608

Keywords:

Pembelajaran Daring, Menstimulasi Pra-Calistung, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 untuk menstimulasi kemampuan Pra-calistung (membaca, menulis dan berhitung) anak usia 3 – 4 tahun di Dikara Edu Center (DEC) Miru Banyuurip Kedamean Gresik. Jenis penelitian ini masuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) sedangkan metode yang digunakannya adalah deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah implementasi kegiatan pembelajaran daring dalam menstimulasi kemampuan pra-calistung anak usia 3 – 4 tahun yang ada di Desa Banyuurip Kedamean Gresik, pada penerapan daring adalah dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp, video call dan memanfaatkan worksheet yang relevan dengan materi yang akan disampaikan, stimulasi kemampuan pra-calistung anak usia 3 – 4 tahun di Dikara Edu Center (DEC) Miru Banyuurip Kedamean Gresik terhadap kemampuan pra membaca, menulis dan menghitungnya terbilang masih sangat rendah, baik dilihat dari sikap pada saat proses pembelajaran maupun hasil dalam pembelajaran yang disebabkan kurang efektifnyanya pendampingan dari guru secara langsung     karena kondisi pandemi Covid-19. Simpulan hasil dari penelitian ini diketahui bahwa implementasi kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 untuk menstimulasi kemampuan Pra-calistung (membaca, menulis dan berhitung) anak usia 3 – 4 tahun di Dikara Edu Center (DEC) Miru Banyuurip Kedamean Gresik terhadap kemampuan pra calistung terbilang masih sangat rendah dibanding pada masa normal.  

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
Dwijo et al. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Melalui Media WhatsApp Selama Pandemi COVID-19 di RA Al-Qodir. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development 2(2):124–31. doi: 10.15642/jeced.v2i2.840.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendiknas.
Nurcholis & Mafrukhi. (1996). Saya Senang Berbaha Indonesia: sasebi. Jakarta : Erlangga.
Samani, Muchlas & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2013). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Uno, Hamzah B. (2011). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Masturoh, U., & Wulandari, F. (2021). Implementasi Kegiatan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 untuk Menstimulasi Kemampuan Pra-Calistung Anak Usia 3 – 4 Tahun di Dikara Edu Center Kedamean – Gresik. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(1), 10–17. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i1.608

Issue

Section

Articles