Regulasi Emosi Ibu Bekerja Saat Mendampingi Anak Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v5i1.607Keywords:
Regulasi Emosi, Ibu Bekerja, Pembelajaran DaringAbstract
Kondisi pandemi Covid-19 memaksa dunia pendidikan untuk beradaptasi dan menyesuaikan banyak hal, baik dalam metode mengajar, metode pemberian tugas, sampai pada pelibatan orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah. Pada ibu yang juga bekerja, situasi ini menyebabkan bertambahnya peran ibu, yang bukan hanya sebagai istri, ibu, dan pekerja, namun juga sebagai pengganti guru selama proses pembelajaran daring dilaksanakan. Munculnya berbagai macam konflik peran ini menimbulkan berbagai macam respon emosi, sehingga kemampuan regulasi emosi menjadi sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui regulasi emosi pada ibu bekerja yang mendampingi anak menjalani pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian survei. Instrumen pada penelitian ini adalah Emotion Regulation Questionnaire, skala Regulasi Emosi, dan wawancara semi-terstruktur pada beberapa subjek secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat regulasi emosi ibu bekerja yang mendampingi anak menjalani pembelajaran daring berada dalam taraf sedang-tinggi sebanyak 86,21%. Sedangkan strategi regulasi emosi yang digunakan adalah cognitive reappraisal.
References
Brenner, E. M., & Salovey, P. (1997). Emotion regulation during childhood: Developmental, interpersonal, and individual considerations. In P. Salovey & D. J. Sluyter (Eds.), Emotional development and emotional intelligence: Educational implications (p. 168–195). Basic Books.
Cohen, S., & Syme, S. L. (1985). Social Support and Health. London: Academic Press Inc.
Crawford, J., Kippax, S., Onyx, J., Gault, U., and Benton, P. (1992). Emotion and Gender: Constructing Meaning from Memory. London: Sage.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approach 4th Edition. California: Sage Publications, Inc.
Cutuli D. (2014). Cognitive reappraisal and expressive suppression strategies role in emotion regulation: an overview on their modulatory effects and neural correlates. Frontiers In Systems Neuroscience, 8, 175.
Gross, J. J. (1998). Antecent- and response-focused emotion regulation: divergent consequences of experience, expression, and physiology. Journal of Personality and Social Psychology Vol. 74 No. 1, 224-237.
Gross, J.J., & John, O.P. (2003). Individual differences in two emotion regulation processes: Implications for affect, relationships, and well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 85, 348-362.
Gross, J. J (2007). Handbook of Regulation Emotion. USA: The Guildford Press.
Gross, J.J., & John, O.P.. (2013) . Emotion Regulation Questionnaire. Measurement Instrument Database for the Social Science. Diakses dari www.midss.ie
Gross, J. J (2014). Handbook of Regulation Emotion 2nd Edition. USA : The Guildford Press.
Ioannidis, C. A., & Siegling, A. B. (2015). Criterion and incremental validity of the emotion regulation questionnaire. Frontiers in psychology, 6, 247. doi:10.3389/fpsyg.2015.00247.
Juczynski, Z. (2006). Health-Related Quality Of Life: Theory and Measurement. Institute Of Psychology University Of Lodz.
Kusumaningrum, O. D. (2012). Regulasi emosi istri yang memiliki suami stroke. EMPATHY 1(1), 198-209.
Maharani, A.L. (2017). Regulasi Emosi Pada Ibu Bekerja yang Mengalami Konflik Peran Ganda. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.
Nisfiannoor, M., & Kartika, Y. (2004). Hubungan antara regulasi emosi dan penerimaan kelompok teman sebaya pada remaja. Jurnal Psikologi 2(2), 160-177.
Ratnasari, S., & Suleeman, J. (2017). Perbedaan regulasi emosi perempuan dan laki-laki di perguruan tinggi. Jurnal Psikologi Sosial Vol. 15 No. 01, 35-46.
Steiber, N. (2009). Reported intensitass of time-based and strain-based conflict between work and family roles in Europe : A multiintensitas approach. Social Indicator Resolution, 93, 469-488.
Susanto. (2010). Analisis pengaruh konflik peran ganda terhadap kepuasan kerja pengusaha wanita di kota Samarinda. Aset. 12(1). 75-85.
Thompson, R. A. (1994). Emotion regulation: A theme in search of definition. Momographs of The Society of Researchin Child Development, 59 (2/3), 25-52.
Thompson, R. A. (2011). Childhood Anxiety Disorders From The Perspective of Emotion Regulation and Attachment. In M. Dadds & M.W. Vassey (Eds.), The Developmental Psychopatology of Anxiety. New York: Oxford University Press, Inc.
Triaryati, N. (2003). Pengaruh adaptasi kebijakan mengenai work family issue terhadap absen dan turn-over. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 5 No. 1.