Pengaruh Kegiatan Bermain Berbasis Kreatif Rainbow Music Bells Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Rukun Harapan Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v4i2.498Keywords:
Bermain, Rainbow Music Bells, Lambang BilanganAbstract
Penelitian ini termasuk penelitian cksperimen dengan tujuan mengetahui pengaruh kegiatan bermain kreatif rainbow music bells terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok Al sejumlah 15 anak. Analis data dalam penelitian ini meliputi: 1) Analisis uji perorangan; 2) Analisis uji kelompok kecil; 3) Analisis uji kelompok besar; 4) Uji beda kemampuan anak usia dini sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan bermain berbasis kreatif rainbow music bells. Peneliti menggunakan rumus t sampel berpasangan (paired), dibantu dengan penggunaan sofhware SPSS ver 18.00 for windows dalam menganalisa data Hasil uji t sampel berpasangan, nilai t test (t hitung) sebesar -19,000 dan nilai signifikansinya (sig) sebesar 0,000. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan mengenal bilangan 1-7 sebelum dan sesudah melakukan kegiatan bermain rainbow music bells. Kegiatan bermain berbasis kreatif rainbow music bells memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-7 pada anak usia dini 4-5 tahun di TK Rukun Harapan Jember.
References
Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Awangga, S. (2007). Desain Proposal Penelitian. Yogyakarta: Pyramid Publishber
Endrasthi, Ratna. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan mengggunakan Media Papan Raba Pada Anak Kelompok A di TK KLKMD Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Handayani. T. (2012). Peningkatan Kerjasama dalam Kelompok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Metode STAD Pada Pembelajaram IPS Materi Sumber Daya Alam di Lingkungan Setempat
Hartati, Sofia. (2007). How to be a Good Teacher and to be a Good Mother. Jakarta: Enno Media Aletheia Jember Semester 1 Tahun Ajaran PGRI Jember.
Hurlock, Elisabeth B. (1991). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kelhidupan. Jakarta: Erlangga.
Irawati, D. W. (2014). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengenal Biangan Pada Anak Kelompok Al di Taman Kanak-Kanak Kristen Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Kusmayadi, I. Membongkar Kecerdasan Anak. Jakarta: Gudarng lhma
Kusumastuti, R, W. (2012). Meningkatkan Minat Berhitung Melalui Bermain Menggunakan Metode Hand Bell Pada Anak Kelompok B Nava Falah Baki Sukoharjo Tahum Pelajaran 2012-2013. Surakarta:Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Lestari, R. Puji. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang bilangan Melalui Pengunaan Media Kartu Angka dan Anak Kelompok A2 TK Masyitho Ngasem Sewon Bantul Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Misyati, Eli. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kartu Angka Bergambar Anak Kelompok Al TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Muntari, Yuyuk. (2013). Upayva Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Balok Cuisenaire Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kecamatan Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Narbuko, C. A, Achmadi. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Patmonodewo, S. (2003). Pendidikam Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Purnamasari, E. (2015). Pengaruh Kegiatan Gerak dan lagu Terhadap Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Kartu Angka Dan Kartu Bergambar Di RA Babussalam Prembulan Galur Kulon Progo Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta,
Purwanti, Titik. (2012). Peningkatan Kemanmpuan Mengenal Lambang Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar dan Kreativitas Anak. Pada Anak Kelompok B TK AI-Hlkmah Kec. Kiaracondong Bandung Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Ramaini. (2012). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Permainan Tabung Pintar di TK Negeri Pembina Lubuk Basung Pesona PAUD Vol 1. NO 1.
Rasyid, F. (2010). Cerdaskan Anakmu dengan Musik. Jogjakarta: Diva Press.
Saputra, A. (2003). Anak-Anak Belajar dari Apa yang Mereka Alami dalam Kehidupan Ini. Batam: Interaksara.
Sulistyani, Yunita. (2013). Kegiatan Bermain Kreatif Melalui Finger Painting Sebagai Upaya Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Didik. Kelompok B Di TK Siswi Peni 16 Kerten Surakarta Tahun Ajaran 2012 2013. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
Supartini. (2012). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Metode Card Sort Penelitian Pada Anak Kelompok A TK Islam Baktli l1 Gagaksipat Tahun Ajaran 2012-2013. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.
Suyanto, Slamet. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat Publishing