Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode One Day One Ayat (ODOA) di PAUD Aster 23 Jember

Authors

  • Muzayyana Ika Mawarni IKIP PGRI Jember
  • Firman Ashadi IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v4i1.492

Keywords:

Meningkatkan, Daya Ingat, Metode One Day One Ayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode One Day One Ayat serta peningkatan daya ingat anak dalam menghafal Al-Qur’an pada kelompok B PAUD Aster 23 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B PAUD Aster 23 Kaliwates Jember sebanyak 9 anak. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan bulan Juli sampai bulan Agustus 2020. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, bahwa metode One Day One Ayat dapat meningkatkan kemampuan daya ingat anak dalam menghafal Al-Qur’an kelas B di PAUD Aster 23 Jember. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan persentase dari sebelum tindakan dan setelah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II. Pelaksanaan siklus I memperoleh persentase sebesar 70,30% yang meningkat dari sebelum dilakukan tindakan. Kemudian meningkat secara signifikan pada siklus II dengan perolehan hasil persentase sebesar 82,80% dikarenakan metode penyampaian dalam mengajar yang berbeda sehingga stimulasi yang diberikan kepada anak dapat tuntas dan tidak mengalami kesulitan.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-Contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Hermawan, S. & Luthfiaty, E. (2011). Panduan Tahfidz Quran Jilid 5 One Day One Ayat. Tanggerang: PPPA Daarul Quran.

Machmud, A. (2015). Kisah Penghafal Al-quran. Jakarta: Elex Media Komputindo Gramedia.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada.

Sternberg, R. J. (2008). Psikologi Kognitif. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Yayan, M. F. (2015). Quantum Tahfidz Metode Cepat dan Mudah Menghafal Al-quran. Palembang: Emir.

Downloads

Published

2021-06-03

How to Cite

Mawarni, M. I., & Ashadi, F. (2021). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode One Day One Ayat (ODOA) di PAUD Aster 23 Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(1), 28–34. https://doi.org/10.31537/jecie.v4i1.492

Issue

Section

Articles