Upaya Meningkatkan Manajemen Mutu TK Binaan di Kabupaten Lumajang Melalui Pendampingan Persiapan Akreditasi Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v4i1.491Keywords:
Pendampingan Akreditasi, Peningkatan Manajemen MutuAbstract
Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman terkait akreditasi di TK binaan di Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang. Akreditasi merupakan usaha pembaharuan sistem pendidikan untuk mencapai lembaga yang berkualitas, diantaranya pembaharuan kurikulum, untuk melayani peserta didik dan potensi daerah yang beragam dan diversifikasi jenis pendidikan yang dilakukan secara profesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan yang dilaksanakan pengawas dapat meningkatkan pemahaman kepala sekolah terhadap peningkatan manajemen mutu lembaga. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase dan kriteria setelah dilakukan pendampingan persiapan akreditasi pada siklus I dan II. Pada Siklus I, terdapat 4 (empat) TK binaan yang memiliki kriteria pemahaman “sangat memahami” dengan persentase 100%. Sedangkan 6 (enam) TK binaan memiliki kriteria “memahami” dengan persentase antara 60% - 72,5%. Rata-rata pada siklus I yaitu 81,25%. Pada pelaksanaan siklus II, seluruh TK binaan memiliki kriteria “sangat memahami” dengan persentase 100%. Rata-rata pada siklus II yaitu 100%.
References
BAN PAUD & PNF. (2018). Kebijakan dan Mekanisme Akreditasi PAUD dan PNF Tahun 2018. Jakarta: BAN PAUD dan PNF.
Kemdiknas. (2011). Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Kemmis, S. & McTaggart, R. (1988). The Action Research Reader. Victoria: Deakin University Press.
Khairuddin. (2008). Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty.
Permendikbud No. 52 Tahun 2015 tentang BAN PAUD dan PNF.
Purwadarminta. (2000). Model Pembelajaran Pendampingan. Lembang: BPPLSP Jayagiri.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional.
Yudiawan, A. (2019). Pengaruh Sosialisasi dan Pendampingan Program Akreditasi terhadap Motivasi Akreditasi Pengelola PAUD di Provinsi Papua Barat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2):132-136.