Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Senam Irama Pada Kelompok B di TK Al-Hidayah 85 Ambulu Jember

Authors

  • Wardatus Sholihah IKIP PGRI Jember
  • Eky Prasetya Pertiwi IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v4i1.489

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Meningkatkan Motorik Kasar, Senam Irama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik kasar anak melalui kegiatan  senam  irama pada anak usia  5-6 tahun  di TK Al-Hidayah  85 Ambulu  Jember.  Kemampuan  motorik  kasar  sangat  diperlukan  oleh  anak untuk melangsungkan kehidupannya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah 85 Ambulu yang berjumlah 23 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan motorik kasar melalui kegiatan senam irama di TK Al-Hidayah 85 Ambulu Jember mengalami peningkatan  pada  semua aspek penilaian  disetiap  siklus yang telah dilakukan.  Adapun  upaya  yang  dilakukan  untuk  meningkatkan motorik kasar melalui kegiatan senam irama di TK Al-Hidayah 85 Ambulu adalah dengan gerakan melompat dua kaki, mengangkat kedua tangan, dan menggerakkan kekiri dan kekanan.

References

Akbar, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. (Edisi Revisi). Yogyakarta: Cipta Media.

Harlimsyah. (2007). Aspek-aspek Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: EGC.

Hurlock, E B. (2012). Perkembangan Anak, Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Mahendra, A. (2000). Senam. Jakarta: Depdikbud.

Restianti, H. (2010). Panduan Praktik P3K. Bogor: Quadra.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Santrock. (2007). Perkembangan Anak Edisi 11 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Saputra, Y. M. & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Ketrampilan Anak. Jakarta: Depdiknas.

Sujiono, B., et al. (2012). Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-06-03

How to Cite

Sholihah, W., & Pertiwi, E. P. (2021). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Senam Irama Pada Kelompok B di TK Al-Hidayah 85 Ambulu Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.31537/jecie.v4i1.489

Issue

Section

Articles