Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini di Pos PAUD Kemuning 56 Mumbulsari Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v3i2.488Keywords:
Metode Tanya Jawab, Motivasi Belajar, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Pos PAUD Kemuning 56, Desa Tamansari, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember melalui penerapan metode tanya jawab. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam meningkatkan motivasi belajar di kelompok B Pos PAUD Kemuning 56 Mumbulsari. Untuk menganalisa data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sedangkan penentuan responden penelitian menggunakan teknik population research dengan jumlah 25 peserta didik. Dalam penyempurnaan hasil penelitian, menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji kevalidan data, digunakan analisis chi-kuadrat. Berdasarkan hasil analisis chi-kuadrat didapatkan c² = 8,75 lebih besar dari c² = 3,84 pada taraf signifikansi 5%, berarti menunjukkan ada pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh metode tanya jawab terhadap motivasi belajar anak usia dini di Pos PAUD Kemuning 56 Mumbulsari Tahun Ajaran 2016-2017.
References
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Fadlillah, M. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Gintings, A. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandarwassid & Sunendar, D. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosda karya.
Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilian). Bandung: Alfabeta.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Uno, H. B. (2008). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Akasara.
Yudhawati, R. (2011). Teori Teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.