Pengaruh Senam Pinguin Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v3i2.486Keywords:
Senam Penguin, Perkembangan, Motorik KasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kegiatan senam penguin terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Desa Sumberjati Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017-2018. Penelitian ini berfokus pada perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan. Penentuan daerah penelitian menggunakan tehnik Purposive Sampling sedangkan teknik penentuan sampel menggunakan Sampling Kuota dengan jumlah responden sebanyak 29 orang anak usia 4-5 tahun. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil uji menggunakan rumus t-tes, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan kemampuan motorik kasar di TK Dharma Wanita. Hal ini dibuktikan dengan melihat besarnya nilai t hitung (to) yang jauh lebih besar dari pada nilai t tabel (tt) dengan taraf signifikansi 5% ataupun 1% sebesar 2,05 < 5,985 > 2,76.
References
Ahmad, Satrio. (2007). Senam. Jakarta Barat: Indahjaya Adipratama.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Decaprio, Richard. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta : Diva Press.
Dewi, Rosmala. (2005). Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
Hurlock, Elizabeth B. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Nisnayeni. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Irama di Taman Kanak-Kanak Bina Ummat Pesisir Selatan. Jurnal Pesona PAUD, Volume 1, Nomer 1, 2012.
Sudijono, Anas. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Statistik Nonparametis untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Bambang et al. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.