Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di PAUD Al-Hidayah Sumbersari Jember

Authors

  • Al Dhea Vigarani Cahyaninati IKIP PGRI Jember
  • Nostalgianti Citra Prystiananta IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v3i1.483

Keywords:

Metode Bernyanyi, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode bernyanyi terhadap perkembangan bahasa anak usia dini Kelompok A di PAUD AL-HIDAYAH di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Desain penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen, sampel penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD AL-HIDAYAH sebanyak 17 siswa. Metode pengambilan data dengan observasi dan tes perkembangan bahasa anak dengan melakukan pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, dengan taraf signifikansi 5% didapatkan nilai t hitung > dari t tabel, yakni 16,386 > 2,12 dengan demikian maka ada pengaruh metode bernyanyi terhadap perkembangan bahasa anak di PAUD AL-HIDAYAH Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, J. M. 2009. Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Badriyah, S. (2014). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Kosakata Pada Anak TPQ Wardatul Ishlah Joyoraharjo Malang. (Skripsi). Malang: Universitas Islam Negeri Maulan Malik Ibrahim.

Delfia, E. (2015). Menganalisis Metode Bernyanyi. (Artikel). Padang: Universitas Negeri Padang.

Dhieni, N. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fadlilah, M. (2016). Desain Pembelajaran PAUD. Yogjakarta: AR-RUZZ Media.
Handayani, S.H.R. (2017). Joyfull Learning dengan Senimatika. (Online). Diakses dari https://radarsemarang.com/2017/12/17/126058/joyfull-learning-dengan-senimatika/2/ Februari 2017

Iswara, P.P.; Latifah, D; & Budiwati, D.S. (2013). Studi Tentang kegiatan Bernyanyi pada Pembelajaran Calistung untuk Anak Usia Dini di TK Sekolah Alam Bandung. (Online). Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/191702-ID-none.pdf

Jamaris, M. (2006). Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Grasindo.

Ma’rifah, A. (2009). Aspek-aspek Perkembangan Anak. Bandung: Andhika Eka.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa. Jakarta: Prenamedia Group.

Musfiroh, T. (2011). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. (2005). Pengembangan Ketrampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sujarweni, W.V. (2014). Metodelogi Penelitian Lengkap, Praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumiharsono, R. (2009). Metodologi Penelitian. Jember: IKIP PGRI Jember.

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Cahyaninati, A. D. V., & Prystiananta, N. C. (2021). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di PAUD Al-Hidayah Sumbersari Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(1), 35–41. https://doi.org/10.31537/jecie.v3i1.483

Issue

Section

Articles