Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di PAUD Al-Hidayah Sumbersari Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v3i1.483Keywords:
Metode Bernyanyi, Perkembangan Bahasa, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode bernyanyi terhadap perkembangan bahasa anak usia dini Kelompok A di PAUD AL-HIDAYAH di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Desain penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen, sampel penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD AL-HIDAYAH sebanyak 17 siswa. Metode pengambilan data dengan observasi dan tes perkembangan bahasa anak dengan melakukan pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, dengan taraf signifikansi 5% didapatkan nilai t hitung > dari t tabel, yakni 16,386 > 2,12 dengan demikian maka ada pengaruh metode bernyanyi terhadap perkembangan bahasa anak di PAUD AL-HIDAYAH Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.
References
Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, J. M. 2009. Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Badriyah, S. (2014). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Kosakata Pada Anak TPQ Wardatul Ishlah Joyoraharjo Malang. (Skripsi). Malang: Universitas Islam Negeri Maulan Malik Ibrahim.
Delfia, E. (2015). Menganalisis Metode Bernyanyi. (Artikel). Padang: Universitas Negeri Padang.
Dhieni, N. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fadlilah, M. (2016). Desain Pembelajaran PAUD. Yogjakarta: AR-RUZZ Media.
Handayani, S.H.R. (2017). Joyfull Learning dengan Senimatika. (Online). Diakses dari https://radarsemarang.com/2017/12/17/126058/joyfull-learning-dengan-senimatika/2/ Februari 2017
Iswara, P.P.; Latifah, D; & Budiwati, D.S. (2013). Studi Tentang kegiatan Bernyanyi pada Pembelajaran Calistung untuk Anak Usia Dini di TK Sekolah Alam Bandung. (Online). Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/191702-ID-none.pdf
Jamaris, M. (2006). Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Grasindo.
Ma’rifah, A. (2009). Aspek-aspek Perkembangan Anak. Bandung: Andhika Eka.
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa. Jakarta: Prenamedia Group.
Musfiroh, T. (2011). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartono. (2005). Pengembangan Ketrampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sujarweni, W.V. (2014). Metodelogi Penelitian Lengkap, Praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sumiharsono, R. (2009). Metodologi Penelitian. Jember: IKIP PGRI Jember.