Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Pakusari Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v3i1.482Keywords:
Metode Bermain Peran, Perkembangan Sosial EmosionalAbstract
Metode bermain peran merupakan metode yang tepat untuk diberikan kepada anak usia dini, karena metode ini dinilai menyenangkan sehingga dapat memberikan rangsangan terhadap perkembangan sosial emosional anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini kelompok B di TK Dharma Wanita Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Pre Experimentaly Design dengan bentuk one shot case study. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu Chi-kuadrat (X2) dengan jumlah responden sebanyak 30 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak. Hal tersebut dibuktikan dengan harga X² hitung adalah 4,05 sedangkan harga X² tabel Chi-kuadrat pada taraf signifikansi 5% adalah 3,841 dimana nilai X² hitung lebih besar dari pada X² tabel.
References
Gintings, A. (2008). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Maimunah, H. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumiharsono, R. (2009). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jember: IKIP PGRI Jember.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.
Tedjasaputra, M.S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.