Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Bougenvile 90 Rambipuji Jember

Authors

  • Nunik Khairun Nisa IKIP PGRI Jember
  • Basuki Hadi Prayogo IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v3i1.481

Keywords:

Metode Bernyanyi, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini, PAUD

Abstract

Bahasa adalah alat bantu komunikasi yang luar biasa. Melalui bahasa, anak dapat mengekspresikan pikiran dan perasaan terhadap orang lain. Bahasa juga dapat mengekspresikan berbagai bentuk, yaitu bicara, tulisan, dan gerakan/gesture. Bahasa sangat penting digunakan untuk bersosialisasi, sehingga bahasa perlu dikembangkan sejak anak usia dini.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bernyanyi terhadap kemampuan bahasa anak di POS PAUD Bougenvile 90, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam kemampuan berbahasa di POS PAUD tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen tidak murni. Analisis data dari hasil uji signifikansi dengan cara membandingkan nilai r hitung dengan nilai r tabel dengan taraf kesalahan 5% didapatkan data bahwa nilai r hitung (0,990) lebih besar dari nilai r tabel (0,361), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima, atau dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan berbahasa anak usia dini di POS PAUD Bougenvile 90 Jember.

References

Depdiknas. (2007). Pedoman Pengembangan Bidang Seni di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas RI.

Jamalus. (1988). Pengajaran musik melalui pengalaman musik. Jakarta: Depdikbud.

Kamtini, T. (2005). Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Dikti.

Masitoh; Djoehaeri, H.; & Setiasi, O. (2007). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Safrina, R. (1999). Pendidikan Seni Musik. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, R. (2009). Metodologi Penelitian. Jember: IKIP PGRI Jember.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajar Inivatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Nisa, N. K., & Prayogo, B. H. (2021). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Bougenvile 90 Rambipuji Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(1), 19–26. https://doi.org/10.31537/jecie.v3i1.481

Issue

Section

Articles