Pengaruh Permainan Menyusun Balok Terhadap Kemampuan Membilang Anak Usia Dini di TK Al-Hikmah Ajung Kabupaten Jember

Authors

  • Haryani Muhdi IKIP PGRI Jember
  • Agus Santoso IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v3i1.480

Keywords:

Pengaruh, Permainan Balok, Kemampuan Membilang, Anak Usia Dini

Abstract

Kemampuan membilang peserta didik pada anak usia dini kelompok A TK Al-Hikmah, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember masih rendah, sehingga dalam kegiatan pembelajaran ini perlu ditingkatkan. Untuk meningkatkan kemampuan membilang di TK Al-Hikmah dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya yaitu dengan menggunakan permainan menyusun balok. Responden penelitian di TK Al-Hikmah berjumlah 20 anak dengan usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini mempunyai variabel bebas yaitu permainan menyusun balok dan variabel terikat yaitu kemampuan membilang. Metode analisis data menggunakan analisis Chi-kuadrat. Hasil analis X2 hitung = 7,212 sedangkan X2 tabel Chi-kuadrat dengan responden (N) = 20, dengan taraf signifikan 5%, diperoleh nilai X2 tabel = 3,841. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesis kerja diterima yaitu ada pengaruh permainan menyusun balok terhadap kemampuan membilang anak kelompok A TK Al-Hikmah. Sedangkan analisis koefisien kontingensi diperoleh KK = 0,514. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang sedang antara permainan menyusun balok terhadap kemampuan membilang anak kelompok A di TK Al-Hikmah Jember tahun pelajaran 2016/2017.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.

Bakir, S.R. & Suryanto, S. (2006). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Edisi Terbaru. Batam: Karisma Publishing Group.

Borden, M.E. (2001). Panduan Lengkap Memilih Pendidikan Prasekolah Balita Anak. Bandung: Kaifa.

Catron, C.E. & Allen, J. (1999). Early Chlidhood Curriculum. A Creative Play Model. Ohio: Prentice Hall.

Golinkoff, R.M.; Pasek, H.K.; & Eyer, D. (2005). Einstein Never Used Flash Cards. Bandung: Kaifa.

Indriana, Y. (2008). Optimalisasi Potensi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain. Yogyakarta: UNY.

Kasanah, N. & Tuminto, D. (2007). Kamus Besar Bergambar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Arena Pustaka.

Kunandar. (2007). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Lidyasari, A.T. (2014). Pola Asuh Otoritatif sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak dalam Setting Keluarga. (Artikel).Yogyakarta: UNY.
Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yulianty, D. (2010). Bermain Sambil Balajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Indeks.

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Muhdi, H., & Santoso, A. (2021). Pengaruh Permainan Menyusun Balok Terhadap Kemampuan Membilang Anak Usia Dini di TK Al-Hikmah Ajung Kabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(1), 11–18. https://doi.org/10.31537/jecie.v3i1.480

Issue

Section

Articles