Pengaruh Bermain Tutup Botol Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Siswa Kelompok A TK Kartini Curah Buntu Jenggawah Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v3i1.479Keywords:
Bermain Tutup Botol Angka, Kemampuan Berhitung PermulaanAbstract
Bermain tutup tutup botol angka sangat efektif digunakan sebagai pembelajaran berhitung permulaan anak TK, karena anak tidak mudah merasa bosan. Berhitung permulaan bagi anak usia dini bertujuan untuk mengetahui dasar-dasar pembelajaran berhitung sehingga pada saatnya nanti anak akan lebih siap mengikuti pembelajaran berhitung pada jenjang selanjutnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, termasuk penelitian pre ekxperiment dengan model eksperimen tidak murni yaitu one shot case study. Pengambilan responden penelitian menggunakan teknik population research dengan jumlah 53 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Chi-kuadrat (X2). Hasil analisis Chi-kuadrat menghasilkan nilai X2 hitung = 4,78 lebih besar dari nilai X2 tabel = 3,84 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara bermain tutup botol angka terhadap kemampuan berhitung permulaan siswa kelompok A TK Kartini Curah Buntu Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.
References
Hildebrand, V. (1986). Introduction To Early Childhood Education. 4Ed. New York: Mac Millan publishing Company.
Munandar, U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Purnamasari, S. (2015). Pengaruh Gerak dan Lagu Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Bayangkari 29 Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Jember: IKIP PGRI Jember.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsono. (2002). Melejitkan IQ, IE dan IS. Jakarta: Inisiasi Press.
Sulastomo, M. (2002). Konsep Buku Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: UNIB Scholar Repository.
Sumiharsono, R. (2009). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jember : IKIP PGRI Jember.
Syamsu, Y., et al. (2007). Teori Kepribadian. Bandung: Rosda Karya.