Pengaruh Permainan Menggiring Bola Terhadap Kemampuan Menulis Awal Anak Usia Dini di TK An-Nur Langsepan Sumbersari Jember

Authors

  • Ika Risqiani IKIP PGRI Jember
  • Ade Irma Novianti IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v2i2.478

Keywords:

Permainan Menggiring Bola, Kemampuan Menulis Awal, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan wilayah pembahasan yang sangat luas dan menarik, karena usia dini merupakan awal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satu jenis permainan yang bisa digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak adalah permainan menggiring bola dengan menggunakan media. Media yang digunakan dalam permainan ini menyerupai lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh permainan menggiring bola terhadap kemampuan menulis awal. Sampel penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK An–Nur Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Chi-kuadrat. Berdasarkan data hasil analisis didapatkan nilai X2 hitung = 12,96 dan nilai X2 tabel dengan responden (N) = 45, taraf signifikan 5% diperoleh = 3,84, yang berarti nilai X2 hitung lebih besar dari nilai X2 tabel. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada pengaruh permainan menggiring bola terhadap kemampuan menulis awal anak usia dini Kelompok A di TK An–Nur.

References

Apriyansyah, D. (2014). Kontribusi Kelincahan dan Kecepatan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pemain Sepak Bola Ps. Fkip Unib Kota Bengkulu. (Skripsi). Bengkulu: Universitas Negeri Bengkulu.

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, J.M. (2009). Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press.

Fajri, N. (2012). Hubunngan Antara Tinggi Badan, Kecepatan Lari dan Kelincahan dengan Kemampuan Dribbling Bola Basket Siswa Putra yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Basket di SMP Negeri 1 Berbah, Sleman. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Tarigan, H.G. (1983). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardani, D. (2009). Bermain Sambil Belajar. Bandung: Edukasia.

Yulianty, R. (2009). Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Laskar Aksara.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Risqiani, I., & Novianti, A. I. (2021). Pengaruh Permainan Menggiring Bola Terhadap Kemampuan Menulis Awal Anak Usia Dini di TK An-Nur Langsepan Sumbersari Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 2(2), 83–90. https://doi.org/10.31537/jecie.v2i2.478

Issue

Section

Articles