Pengaruh Permainan Lompat Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Rambipuji Jember

Authors

  • Wita Hanifah IKIP PGRI Jember
  • Hisbiyatul Hasanah IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v2i2.476

Keywords:

Permainan Lompat Angka, Kemampuan Mengenal Angka

Abstract

Masa anak usia dini disebut juga dengan golden age dimana pada masa ini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat diberbagai aspek. Sedangkan capaian perkembangan dari mengenal lambang bilangan  yang harus dimiliki oleh anak usia 4-5 tahun adalah anak mampu mengenal, menyebutkan, dan menunjukkan lambang bilangan 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan lompat angka terhadap kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Rambipuji Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pre-experiment design dalam bentuk one shot case study, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksananakan tanpa adanya kelompok perbandingan dan juga tes awal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 anak. Analisis data dengan menggunakan rumus Chi-Kuadrat (X2). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai X2 hitung lebih besar dari pada X2 tabel (7,45 > 3,84), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara permainan lompat angka terhadap kemampuan mengenal angka 1-10 di TK ABA 1 Rambipuji.

References

Masruroh, A. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Untuk Siswa SMP/MTs. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, S. (2004). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumiharsono, R. (2009). Metodologi Penelitian. Jember: IKIP PGRI Jember.

Purnamasari, S. (2015). Pengaruh Gerak dan Lagu Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Bayangkari 29 Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Jember: IKIP PGRI Jember.

Coopley, J. (2001). The Young Child and Matematics. National Assosiation For The Education of Young Children.

Hariwijaya. (2009). PAUD Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahadika Publicity.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pengembangan Bidang Seni di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas RI.

Damayanti, Y.N. (2014). Peningkatan Kemampuan Membilang Melalui Media Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok B1 Tk Pkk 37 Dodogan Jatimulyo Dlingo Bantul. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamalik, O. (2004). Kemampuan Bealajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Sudaryanti (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tajudin. (2008). Pembelajaran Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Investasi Bermain Tata Angka. (Skripsi). Bandung: UPI.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Hanifah, W., & Hasanah, H. (2021). Pengaruh Permainan Lompat Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Rambipuji Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 2(2), 64–73. https://doi.org/10.31537/jecie.v2i2.476

Issue

Section

Articles