Pengaruh Permainan Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di RA Perwanida 04 Sempolan Jember

Authors

  • Riyenil Muthoharoh IKIP PGRI Jember
  • Agus Santoso IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v2i2.475

Keywords:

Pengaruh, Permainan Congklak, Kemampuan Berhitung, Anak Usia Dini

Abstract

Bermain pada hakekatnya adalah ketika seseorang melakukan sesuatu untuk bersenang-senang. Seorang anak yang sedang bermain menandakan bahwa anak sedang melakukan suatu aktivitas yang menyenangkan, bebas mengekspresikan perasaan, ide, dan fantasi-fantasinya. Congklak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal hampir di seluruh indonesia. Permainan ini dapat membantu perkembangan berfikir anak (berhitung dan membaca). Kemampuan berhitung adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap anak untuk mengembangkan kemampuannya yang berhubungan dengan perjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini dilakukan terhadap 38 siswa kelompok B di RA Perwanida 04 Desa Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi. Analisis data menggunakan tehnik anaklisis Chi-Kuadrat (X2). Hasil analisis Chi-Kuadrat (X2) hitung adalah 13,24 sedangkan nilai Chi-Kuadrat (X2) tabel dengan taraf signifikasi 5% adalah 3,84. Dengan demikian nilai  X2 hitung lebih besar dari nilai X2 tabel sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima, yang berarti ada pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di RA Perwanida 04 Sempolan, Silo, Jember Tahun Pelajaran 2015 2016.

References

Agustriyana, N & Undarwati, A. (2014). Efektivitas Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Materi Penggunaan Mata Uang Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Developmental and Clinical Psychology 3(1) 2014.

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Copley, V. J. (2001). The Young Child and Mathematics. Washington: National Association for the Education of Young Children.

Ismail, A. (2006). Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.

Nurjatmika, Y. (2012). Ragam Aktivitas Harian untuk Anak TK. Yogyakarta: Diva Press.

Romlah, T. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan dan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. & Permana, J. (1999). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana Premedia Group.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Muthoharoh, R., & Santoso, A. (2021). Pengaruh Permainan Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di RA Perwanida 04 Sempolan Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 2(2), 54–63. https://doi.org/10.31537/jecie.v2i2.475

Issue

Section

Articles