Pengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Wirolegi Sumbersari Kabupaten Jember

Authors

  • Rofiko Sari IKIP PGRI Jember
  • Basuki Hadi Prayogo IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v2i2.473

Keywords:

Kegiatan Menggambar, Kreativitas Anak, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar TK Dharma Wanita Wirolegi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, Observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi data, yaitu membandingkan tiga sumber data yang ada kemudian menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Peranan guru yang terdapat di TK Dharma Wanita Wirolegi diantaranya adalah peran guru sebagai ahli intruksional yaitu guru menyusun satuan kegiatan harian, guru sebagai motivator, guru sebagai model, guru sebagai pembimbing, dan guru sebagai pengarah. (2) dalam kreativitas menggambar dapat memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak. Kreativitas menggambar memberikan kebebasan untuk mengembangkan perasaan dan keterampilan saat anak melakukan kegiatan menggambar, karena menggambar menjadi media anak anak usia dini untuk bermain sambil belajar yang lebih menyenangkan dan menarik.

References

Anik, P. (2007). Mengembangkan kreativitas dan Kecerdasan Anak. Jakarta: Buku Kita.

Harlinda, Z. (2014). Upaya Meningkatkan Melalui Benda Nyata di Kelompok B TK Alqur’aniyah Kota Manna Bengkulu Selatan. (Skripsi). Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurjantara, I. (2014). Pengembangan Kreativitas Menggambar Melalui Aktivitas Menggambar pada Kelompok B2 di TK ABA Kalakijo Guwosari Pajangan Bantul. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Satori & Djam’an. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Direktur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Suratno. (2005). Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Utami, D. D. (2014). Pengaruh Melukis Terhadap Kreativitas Seni Anak Usia Dini di TK 02 Buran Tasikmadu Karanganyar Tahun 2013/2014. (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Sari, R., & Prayogo, B. H. (2021). Pengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Wirolegi Sumbersari Kabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 2(2), 44–53. https://doi.org/10.31537/jecie.v2i2.473

Issue

Section

Articles