Pengaruh Permainan Lompat Tali Terhadap Peningkatan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok A di TK Al-Azhar Pakusari Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v2i1.472Keywords:
Pengaruh, Permainan Lompat Tali, Fisik Motorik, Anak Usia DiniAbstract
Kemampuan fisik motorik peserta didik pada anak kelompok A TK Al-Azhar, Pakusari, Jember masih rendah, sehingga dalam kegiatan pembelajaran ini perlu ditingkatkan. Untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik di TK TK Al-Azhar dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya yaitu dengan menggunakan permainan lompat tali. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen semu yaitu one shot case study. Penelitian ini mempunyai variabel bebas yaitu permainan lompat tali dan variabel terikat yaitu kemampuan fisik motorik. Metode analisis data menggunakan analisis Chi-kuadrat. Hasil analis Chi-kuadrat nilai X2 hitung = 7,29 sedangkan nilai X2 tabel dengan responden (N) = 20, dengan taraf signifikan 5%, diperoleh nilai X2 tabel = 3,841. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesis kerja diterima yaitu ada pengaruh permainan lompat tali terhadap kemampuan fisik motorik anak kelompok A TK Al-Azhar.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Purnomo, S.A. & Novianti, R. (2013). 50 Games for Fun Learning and Teaching. Bandung: Yrama Widya.
Sadiman, A.S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Santi, D. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini (Antara Teori dan Praktek). Jakarta: PT Indeks.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Sumiharsono, R. (2009). Metodologi Penelitian. Jember: IKIP PGRI Jember.
Tedjasaputra, M.S. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Grasindo.