Pengaruh Permainan Simpai Terhadap Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v2i1.470Keywords:
Permainan Simpai, Kecerdasan KinestetikAbstract
Dunia anak adalah dunia bermain, dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali yang ada dalam fikiran anak adalah bermain. Stimulasi kecerdasan kinestetik terjadi pada saat bermain. Simpai (hulahop) sangat mudah digunakan pada aktivitas gerak tertentu yang berkaitan dengan pengembangan kelincahan (agility), kelenturan (flexibility) dan juga daya tahan (endurance), serta mengembangkan aspek lainnya seperti ritme gerakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Penelitian ini mempunyai variabel bebas yaitu permainan simpai dan variabel terikatnya yaitu kecerdasan kinestetik. Metode analisis data menggunakan analisis Chi-Kuadrat (X2). Berdasarkan hasil analisa data didapatkan nilai X2 hitung = 6,427. Sedangkan bila dilihat nilai X2 tabel Chi-Kuadrat dengan responden (N) = 30, dengan taraf signifikan 5% diperoleh = 3,841. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesis kerja diterima yaitu ada pengaruh permainan simpai (hulahop) terhadap peningkatan kecerdasan kinestetik anak kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
References
Borden, M. E. (2001). SMART START, Panduan Lengkap Memilih Pendidikan Prasekolah Balita Anda. Bandung: Kaifa.
Catron, C. E. & Allen, J. (1999). Early Chilhood Curriculum A Creative-Play Modell. New Jersey: Merill, Prentice Hall.
Faruq, M. M. (2009). Permainan Pengembangan Kecerdasan Kinestetika Anak Dengan Media Hulahop. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Gardner, H. (1993). Multiple Intelegences: The Theory in Practice A Reader. New York: Basic Book.
Musfiroh, T. (2008). Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: PT. Grasindo.
Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Santrock, J.W. (2010). Life-Span Development, Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Airlangga.
Sudono, A. (2006). Alat Permainan dan Sumber Belajar di TK. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiharsono, R. (2009). Metodologi Penelitian. Jember: IKIP PGRI Jember.