Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok A di RA Al-Ikhlas Ajung Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v2i1.469Keywords:
Media Papan Flanel, Kemampuan Berhitung, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK) yang masih mengesampingkan kemampuan berhitung anak usia dini. Sebagai seorang pendidik harus dapat mengembangkan kemampuan kognitif khususnya kemampuan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan flanel terhadap kemampuan berhitung anak kelompok A di RA Al-Ikhlas Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Untuk menganalis data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan menggunakan jenis penelitian pre ekxperiment dengan menggunakan model eksperimen tidak murni yaitu (one shot case study). Sedangkan penentuan objek penelitian menggunakan teknik population research dengan jumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji analsis data menggunakan analisis Chi-Kuadrat (X2). Hasil analisis Chi-Kuadrat menunjukkan bahwa X2 hitung = 13,5 lebih besar dari X2 tabel = 3,84 pada taraf signifikansi 5%. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada pengaruh penggunaan media papan flanel terhadap kemampuan berhitung anak kelompok kelompok A di RA Al-Ikhlas Ajung Jember.
References
Mustamir & Handoko. (2009). Saatnya Bersekolah. Yogyakarta: Buku Biru.
Sadiman. (2008). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Suryani & Agung. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Triwidiastuti, L. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Angka 1-10 Melalui Media Paapan Flanel Siswa Kelompok A di TK PKK Tegalombo Tahun Pelajaran 2014/2015. (Skripsi). Jember: IKIP PGRI Jember.
Yuliani et al. (2013). Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang: Universitas Terbuka.
Zaman, B; Hernawan, A H; & Eliyawati, Cucu. (2014). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.