Pengaruh Permainan Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa Usia 4-6 Tahun di RA Ar-Ridlwan Ajung Jember Tahun Ajaran 2015/2016

Authors

  • Etik Ruwaida Zulfa IKIP PGRI Jember
  • Fadil Djamali IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v1i2.457

Keywords:

Permainan, Flash Card, Kemampuan Membaca

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan orang tua dan sekolah dasar yang ingin anak atau siswanya untuk dapat membaca akan tetapi para pendidik dan orang tua masih banyak yang menggunakan cara atau metode yang memaksakan kepada anak sehingga anak tidak suka dengan pelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan flash card terhadap kemampuan membaca pada siswa usia 4-6 tahun di RA Ar-Ridlwan. Berdasarkan hasil analisis Chi-kuadrat menghasilkan X2 hitung = 5,85 lebih besar dari X2 tabel= 3,84 pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan flash card terhadap kemampuan membaca pada siswa usia 4-6 tahun di RA Ar-Ridlwan Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Dengan adanya penelitian ini diharapkan para pendidik dapat menerapkan permainan untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa. Pendidik juga diharapkan dapat mengembangkan kreativitas dan membuat suasana yang menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas agar siswa merasa antusias ketika mengikuti pembelajaran.

References

Basrowi, S. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, M. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rieneka Cipta.

Rahayu, E. S. (2013). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perilaku Anak Kelompok B di RA Nurul Hidayah Curahmalang Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. (Skripsi). Jember: IKIP PGRI Jember.

Shofi, U. (2008). Sayang Belajar Baca, Yuk. Surakarta: Afra Publishing.

Subana & Sudrajat. (2005). Dasar – dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, R. (2009). Metodologi Penelitian. Jember: IKIP PGRI Jember.

Suparmi. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Flashcard Pada Kelompok B TK Satu Atap SD Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012. (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susanto, A. (2011). Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Syuropati, M. (2009). Inspirasi Anak Anda dengan Permainan yang Mencerdaskan. Bantul: In Azna Books.

Wiryasumarta,Y. et al. (2003). Anak dan Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Yulianti, R. (2008). Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Laskar Aksara.

Downloads

Published

2021-04-27

How to Cite

Zulfa, E. R., & Djamali, F. (2021). Pengaruh Permainan Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa Usia 4-6 Tahun di RA Ar-Ridlwan Ajung Jember Tahun Ajaran 2015/2016. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(2), 136–144. https://doi.org/10.31537/jecie.v1i2.457

Issue

Section

Articles