Pengaruh Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Kelompok Bermain As-Shobier Wonojati Jenggawah Kabupaten Jember

Authors

  • Siti Habiba IKIP PGRI Jember
  • Herini Kuswardani IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v1i2.455

Keywords:

Bermain Peran, Perkembangan Sosial, Anak Usia Dini, Kelompok Bermain

Abstract

Bermain adalah kegiatan yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Bermain harus dilakukan dengan rasa senang sehingga akan menghasilkan proses belajar pada anak. Melalui bermain anak dapat mengembangkan kemampuan sosialnya. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh bermain peran terhadap perkembangan sosial anak usia dini Kelompok A di Kelompok Bermain As-Shobier Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Untuk menganalisa data dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif. Penentuan objek penelitian menggunakan teknik population research dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data chi-kuadrat (X2) yang dilanjutkan dengan korelasi koefisien kontigensi. Hasil analisis chi-kuadrat menghasilkan X2 hitung = 6,28 lebih besar dari X2 tabel = 3,84 pada taraf signifikansi 5%. Harga koefisien kontigensi yang didapat sebesar 0,54 maka yang berarti menunjukkan korelasi sedang. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada pengaruh bermain peran terhadap perkembangan sosial anak usia dini di kelompok bermain As-Shobier Jember.

References

Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Grup.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Baharaja, A. (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Studio Pres.
Gordon, A. M. & Browne, K.W. (1985). Beginning and Beyond Fondation in Early Childhood Education. New York: Delmer Publisher.
Hadi, S. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hildayani, R. et al. (2011). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Latif, M. (2013). Orentasi Baru Penddidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Citra Pendidikan.
Waluyo, H. (2003). Drama: Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanandita.

Downloads

Published

2021-04-27

How to Cite

Habiba, S., & Kuswardani, H. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Kelompok Bermain As-Shobier Wonojati Jenggawah Kabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(2), 117–126. https://doi.org/10.31537/jecie.v1i2.455

Issue

Section

Articles