Pengaruh Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Muslimat NU Gesang Kabupaten Lumajang

Authors

  • Asma’ul Husnah IKIP PGRI Jember
  • Basuki Hadi Prayogo IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v1i2.454

Keywords:

Senam Irama, Perkembangan, Motorik Kasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam irama terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU Gesang, Tempeh, Lumajang. Salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar adalah dengan kegiatan senam irama setiap pagi. Kegiatan senam irama akan memberikan pengalaman langsung kepada anak mengenai gerak dasar yang nantinya dapat menambah pengalaman gerak anak. Untuk menganalis data dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre experiment dengan menggunakan model eksperimen tidak murni yaitu one shot case study. Penentuan objek penelitian menggunakan teknik population research dengan jumlah 25 anak. Analisis data menggunakan analisis Chi-kuadrat. Hasil analisis Chi-kuadrat menghasilkan X2  hitung = 6,5  lebih besar dari X2 tabel  = 3,84 pada taraf signifikansi 5%. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada pengaruh senam irama terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU Gesang Tempeh Kabupaten Lumajang.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Decaprio, R. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Ditjen Kemdiknas.

Hidayati, L. (2013). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Senam Terhadap Perkembangan Psikomotorik Siswa di POS PAUD Lemuru 02 Puger Kulon Kec Puger Kab Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. (Skripsi). Jember: IKIP PGRI Jember.

Kamtini & Tanjung, H.W. (2005). Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dipdiknas.

Montolulu et al. (2014). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nisnayeni. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Irama di Taman Kanak-Kanak Bina Ummat Pesisir Selatan. Jurnal Pesona PAUD, Vol. 1 No. 1 (2012).

Purnamasari, E. (2015). Pengaruh Kegiatan Gerak dan Lagu Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 29 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. (Skripsi). Jember: IKIP PGRI Jember.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, B. et al. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-10-06

How to Cite

Husnah, A., & Prayogo, B. H. (2020). Pengaruh Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Muslimat NU Gesang Kabupaten Lumajang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(2), 108–116. https://doi.org/10.31537/jecie.v1i2.454

Issue

Section

Articles