Pengaruh Metode Pembelajaran Bernyanyi Lagu "Naik-Naik Ke Puncak Gunung" Terhadap Kemampuan Daya Ingat Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.2918Keywords:
Metode Pembelajaran Bernyanyi, Daya Ingat, Anak Usia 5-6 TahunAbstract
Daya ingat merupakan salah satu aspek kognitif penting pada anak usia dini yang berperan dalam proses menerima, menyimpan, dan mengingat kembali informasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bernyanyi menggunakan lagu "Naik-Naik ke Puncak Gunung" terhadap kemampuan daya ingat anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dan desain non-equivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari 34 anak kelompok B di TK Islam Al-Fatah Surabaya, dengan 18 anak sebagai kelompok eksperimen dan 16 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil analisis menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran bernyanyi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan daya ingat anak usia 5-6 tahun. Metode bernyanyi mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta membantu anak mengingat materi melalui irama dan pengulangan lagu.
References
Anggraini, R., Risnita, R., & Fridiyanto, F. (2023). Melalui Kegiatan Bermain dan Bernyanyi dapat Mengembangkan Bahasa untuk Anak 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2939-2950.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.2 922
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(2), 131-144.
https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1 i2.36
Dyramoti, M., & Wahyuningsih, R. (2022). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Daya Ingat, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Anak di TK Methodist Jakarta Utara. Jurnal Paud Agapedia, 6(2), 197-208.
https://doi.org/10.17509/jpa.v6i2.5201 2
Ginting, M. B. (2019). Improving the Memory Through Singing Method of Children Ages 5-6 Years in Kindergarten Insan Pandhega. Jurnal IKIP Veteran, 26(1), 78-88.
Hilman, R. A., Nugraha, F., & Mahendra,
H. H. (2023). Meningkatkan Daya Ingat Hafalan Siswa Melalui Metode Bernyanyi Pada Pembelajaran Tematik di SDN 3 Sukaratu. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 1(3), 317-333.
https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i3. 108
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Kamtini, K., & Sitompul, F. A. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.2 95
Khusna, S. W., Nislam, Purwasih, W., & Sarah, S. (2022). Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik. Satya Widya, 38(1), 2022.
Kurniati, K. N., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Raudhatul Athfal Al Islam Petalabumi. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Nonformal, 8(3), 1873.
https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.18 73-1892.2022
Masamah. (2015). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TKQ B Darul Istiqomah Kebon Jeruk Jakarta Barat). Repository Institut PTIQ Jakarta, 1(1), 1.
Prabandani, M., et al. (2019). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok A TK Tunas Harapan 01 Desa Parangjoro, Grogol, Sukoharjo. Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rosalianisa, R., Dorlina, N., Komalasari, D., & Rinakit, K. (2022). Pelatihan Bernyanyi Bagi Pendidik Pos PAUD Terpadu Se-Kota Surabaya. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43-52. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p43
-52
Santosa, D. A. (2019). Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia
Dini. Jurnal IKIP Veteran, 26(1), 78-
Setiawati, E., Mamma, A. T., & Fajarwati,
A. (2023). The Effectiveness of the Singing Method on Children's Comprehension Ability in ANNISA Playgroup. Journal of Early Childhood Education, 1(1), 261-268.
Simatupang, N. D., Widayati, S., & Sholihah, S. A. (2022). Application of Singing Activities to Stimulate Children's Vocabulary Acquisition. Child Education Journal, 4(2), 139-
https://doi.org/10.33086/cej.v4i2.3164 Siti Anisah, A., & Maulidah, I. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa Melalui Metode Bernyanyi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(1), 581.
https://doi.org/10.52434/jp.v16i1.1814 Uswatun Khasanah, & Nyi Istikharoh. (2020). Peningkatan Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Di
TK Muslimat NU 10 Tarbiyatul Masyithoh Kebumen. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 2(01), 1-9.
https://doi.org/10.53863/kst.v2i01.17 Wahyuni, N. (2021). Efektifitas Metode
Bernyanyi Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok A di TK Bungong Seuleupoek Banda Aceh. Universitas Bina Bangsa Getsempena, 83.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

