Implementasi Metode Iqro Tahap Awal dalam Mengembangkan Fondasi Membaca Al-Qur’an pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Bunda Wardah Parepare
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.2917Keywords:
Metode Iqro, Membaca Al-Qur’an, Anak Usia Dini, Pendidikan Islam, Literasi Al-Qur’anAbstract
Pembelajaran membaca Al-Qur’an sejak usia dini merupakan aspek krusial dalam pembentukan kompetensi religius dan literasi Al-Qur’an anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Iqro’ tahap awal dalam mengembangkan fondasi membaca Al-Qur’an pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Bunda Wardah Parepare, yang mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan guru, dan dokumentasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran disusun secara sistematis berdasarkan buku Iqro’, pelaksanaan dilakukan secara bertahap sesuai karakteristik kognitif anak, dan evaluasi dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau penguasaan huruf hijaiyah. Implementasi metode ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak secara signifikan. Faktor pendukung utama adalah kompetensi guru dan penggunaan media interaktif, sedangkan faktor penghambat meliputi variasi kemampuan awal anak dan durasi pembelajaran yang terbatas. Dengan demikian, metode Iqro’ tahap awal sangat efektif digunakan sebagai strategi pembelajaran literasi Al-Qur’an pada anak usia dini di TK IT Bunda Wardah Parepare.
References
Aini, N. Q., Faturohman, N., & Darmawan, D. (2023). Penerapan penguatan pendidikan karakter melalui metode pembiasaan guna pembentukan kemandirian anak usia dini di kb azzahroh serang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 98-113.
Aziz, M., Napitipulu, D. S., & Sianipar, A. (2025). Implementasi Metode Iqra’Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, 5(2), 65-72.
Arif, Z. (2019). Penerapan Metode Iqro Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an Di TK Hiama Kids. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 57-66.
Fithri, R., et al. (2024). Tantangan pembelajaran membaca Al-Qur’an pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 45–58.
Hakim, L., & Hafidhuddin, D. (2019). Perbandingan pembelajaran membaca Al-Qur’an Metode Sedayu dan Metode Iqro pada usia anak-anak. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 114-133.
Mahmudi, M. B., Kustati, M., Amelia, R., Gusmirawati, G., & Al Oraimi, S. (2025). Effectiveness of Implementation of Iqra'Method. Ri'ayatu Al-Qur'an, 7(1), 1-16.
Nata, A. (2018). Pendidikan Islam: Perspektif filosofis dan praksis. Jakarta: Kencana.
Putri, M. M., Ismiatun, A. N., & Rosyadi, A. F. (2024). Pengaruh Media Smart Box Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B1 di TK Pertiwi 1 Kabupaten Merangin. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(1), 99-105.
Susanti, S., & Nurhayati, S. (2022). Penerapan Metode Iqro’dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 13-23.
Utami, R., & Saputra, A. A. (2025). Implementasi Metode Iqra’Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Di TPA Miftahusalam. Journal of Elementary School Research and Development, 1(1), 39-49.
Zahraturraihana, Z., Juwita, I., Yofinda, V., & Neisha, F. H. (2024). Implementation Of the Iqra'Method in Learning to Read The Al-Qur'an In Early Age Children. Nida Al-Qur'an: Jurnal Pengkajian Islam, 5(2), 76-85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

