Pengembangan Media Quiet Book "OASE" untuk Pengenalan Bentuk Oval dan Segilima pada Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.2900Keywords:
quiet book, bentuk geometri, anak usia diniAbstract
Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi penting bagi perkembangan kognitif, terutama dalam pengenalan bentuk geometri dasar seperti oval dan segilima. Observasi di TK Labschool UNESA 2 Surabaya pada Februari sampai Juni 2025 menunjukkan bahwa anak usia 5 sampai 6 tahun memiliki kemampuan rendah dalam mengenal bentuk oval dan segilima, meskipun sudah memahami bentuk yang lebih sederhana, karena keterbatasan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini mengembangkan quiet book OASE, yaitu buku kain interaktif dengan 27 halaman aktivitas (9 oval, 9 segilima, 9 gabungan) untuk meningkatkan pengenalan bentuk melalui kegiatan meronce, mencocokkan, menyusun puzzle dan menebalkan garis. Penelitian menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dalam pendekatan Research and Development dengan subjek 10 anak kelompok B2 yang dipilih secara purposive sampling. Validasi oleh dua ahli media dan dua ahli materi memperoleh skor 100 persen sehingga media dinyatakan sangat layak. Hasil pretest dan posttest yang dianalisis dengan uji normalitas Shapiro Wilk, uji Wilcoxon (Z = -2.844, p = 0,004) dan N Gain sebesar 74,08 dalam kategori cukup efektif menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan menyebutkan, menunjukkan dan mengelompokkan bentuk. Quiet book OASE efektif karena melibatkan multiindera, keterampilan motorik halus dan tingkat kesulitan bertahap yang mendukung pengalaman belajar konkret pada anak usia dini.
References
Alfadhilah, J. (2025). Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 05(01), 94–111.
Anugerah, R., & Damanik, S. H. (2023). Pengembangan Media Quiet Book Sebagai Stimulasi Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun dengan Total Physical Response Method di TK Nasrani 2 Medan. IJOL: Indonesian Journal of Language and Literature, 01(02), 25–36.
Arsanti, M. A. (2021). Penggunaan Teori Pembelajaran Van Hiele untuk Meningkatkan Tingkat dan Kualitas Berpikir Siswa Kelas V SD Negeri Timbulharjo pada Pokok Bahasan Bangun. Repository.Usd.Ac.Id, 1–85.
Farida, A., Rasmani, U., & Hafidah, R. (2024). Profil Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 11(4), 361.
Hasanah, L., & Agung, S. (2018). Kemampuan Pengenalan Geometri Melalui Kegiatan Bermain Balok Anak Usia 5-6 Tahun. 2(2), 115–124.
Hasni, U., & Amanda, R. S. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 1–11.
Khadijah, K. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Madani.
Khotimah, K., & Agustini, A. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget pada Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 11–20.
Lailan, A. (2023). Urgensi Media Pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Riset Ilmiah, 2(12).
Nurdiyanti, S. (2019). Implementasi Media Visual dan Audiovisual terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0. 2(1), 642–650.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171–187.
Pangesti, N. P., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Busy Book. Kumara Cendekia, 7(4), 155.
Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130–1141.
Unaenah, E., Anggraini, I. A., Aprianti, I., Aini, W. N., Utami, D. C., Khoiriah, S., Refando, A., & Tangerang, U. M. (2020). Teori Van Hiele dalam Pembelajaran Bangun Datar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 365–374.
Widayati, S., Simatupang, N. D., & Maulidiya, R. (2020). Melipat Manakah Yang Paling Mudah? Pada Kegiatan Melipat Satu untuk Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 126–139.
Wiarati, H., & Isnaningsih, A. (2024). Pengaruh Busy Book terhadap Pengenalan Bilangan dan Bentuk Geometri pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nurul Hidayah Kebumen. 5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

