Pengaruh Lagu "Empat Ekspresi" dalam Mengenali Macam Emosi pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Labschool UNESA 2
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.2899Keywords:
Lagu Anak, Perkembangan Emosional, Metode Bernyanyi, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lagu "Empat Ekspresi" dalam mengenali macam emosi pada anak usia 4-5 tahun di TK Labschool Unesa 2. Metode yang digunakan adalah quasi-experimental dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari 11 anak sebagai kelompok eksperimen dan 9 anak sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dengan empat indikator penilaian kemampuan mengenali emosi. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U melalui SPSS versi 31. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,109 (> 0,05), yang berarti tidak terdapat perbedaan signifikan secara statistik antara kelompok eksperimen dan kontrol setelah perlakuan. Meskipun demikian, secara deskriptif dan observasional, anak-anak pada kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan keterlibatan dan keaktifan dalam mengekspresikan emosi melalui kegiatan bernyanyi. Ketidaksignifikanan hasil dipengaruhi oleh heterogenitas karakteristik peserta didik, keberadaan anak berkebutuhan khusus, dan keterbatasan durasi serta intensitas intervensi.
References
Blasco-Magraner, J. S., Bernabé-Valero, G., Marín-Liébana, P., & Moret-Tatay, C. (2021). Effects of the educational use of music on 3- to 12-year-old children's emotional development: A systematic review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(7), 3668. https://doi.org/10.3390/ijerph18073668
Gemma, M. G., Pablo, M. C., & Cabedo-Mas, A. (2020). The role of music in the development of children with Down syndrome: a systematic review. Interdisciplinary Science Reviews, 45(2), 158-173.
Izard, C. E. (2010). The many meanings/aspects of emotion: Definitions, functions, activation, and regulation. Emotion Review, 2(4), 363-370.
Moore, T. G. (2015). Early intervention and inclusion for young children with developmental disabilities. Presentation at Hunter Area Early Childhood Intervention Coordination Program Forum.
Portnova, G., Maslennikova, A., & Varlamov, A. (2018). Same music, different emotions: assessing emotions and EEG correlates of music perception in children with ASD and typically developing peers. Advances in Autism, 4(3), 85-94.
Saarikallio, S. (2016). Music as emotion regulation. Musicae Scientiae, 20(1), 10-10.
Williams, K. E. (2018). Moving to the beat: Using music, rhythm, and movement to enhance self-regulation in early childhood classrooms. International Journal of Early Childhood, 50(1), 85-100.
Zhang, L., & Hussain, D. D. Y. B. (2024). Effect of Singing on the Psychological Development of Preschool Children Aged 4-5 Years. International Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 1(1), 148-156.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

