Implementasi Permainan Tradisional sebagai Sarana Penguatan Karakter Kebangsaan dan Cinta Tanah Air di Lembaga PAUD

Authors

  • Nova Eko Hidayanto Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.2881

Keywords:

Permainan Tradisional, Karakter Kebangsaan, Cinta Tanah Air, PAUD, Systematic Literature Review

Abstract

Di tengah derasnya arus digitalisasi, nilai-nilai kearifan lokal pada anak usia dini mulai tergerus, yang berdampak pada menipisnya rasa cinta tanah air. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memegang peran strategis dalam menanamkan fondasi karakter tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menyintesis bukti-bukti empiris terkait efektivitas implementasi permainan tradisional dalam menguatkan karakter kebangsaan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Pencarian literatur dilakukan melalui database Google Scholar, DOAJ, dan Garuda dengan rentang waktu publikasi 5 tahun terakhir (2020-2025). Berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, ditemukan 15 artikel yang relevan untuk dianalisis. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa permainan tradisional secara konsisten terbukti mampu menjadi media internalisasi nilai-nilai Pancasila. Temuan dikelompokkan menjadi tiga tema utama: (1) permainan tradisional kolektif (seperti gobak sodor) membangun gotong royong dan persatuan; (2) permainan berbasis aturan (egrang, engklek) menanamkan integritas dan ketaatan hukum; dan (3) penggunaan alat permainan berbasis alam menumbuhkan apresiasi terhadap budaya lokal. Kesimpulannya, integrasi permainan tradisional ke dalam kurikulum PAUD adalah pendekatan berbasis bukti (evidence-based) yang efektif untuk membentuk profil pelajar yang cinta tanah air.

References

Amu, S. (2021). Metode Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. KIDSPEDIA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–10.

Apriyanti, S. N. (2024). Penerapan Permainan Tradisional Congklak Untuk Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan, 5(1), 45–52.

Aries, A. M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pancasila Tema Kearifan Lokal Dengan Kontekstualisasi Permainan Tradisional. Sinektik: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 136–146.

Dedeh, E., & Mayasarokh, M. (2022). Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 207–212.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Handayani, V., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Jiwa Nasionalisme. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 811–816.

Hastuti, H., & Mulyanto. (2024). Analisis Pemanfaatan Alat Permainan Tradisional untuk Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Media Manajemen Pendidikan, 7(1), 101–115.

Imroah, H. (2023). Analisis Isi Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila Pada Permainan Tradisional Sebagai Literasi Budaya. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 200–210.

Kitchenham, B. (2004). Procedures for Performing Systematic Reviews. Keele, UK: Keele University.

Nisa, K., & Shaleha, K. (2024). Strategi Meningkatkan Cinta Tanah Air Sejak Anak Usia Dini di PAUD Balita Qur’an El-Mumtadz. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–4.

Prasetya, Y., & Sarmini. (2023). Permainan Tradisional Sebagai Sumber Nilai Karakter Bagi Anak. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), 272–288.

Rahmawati, R., Rosanty, R., & Hayat, H. F. (2024). Penanaman Sikap Cinta Tanah Air Melalui Menari Kreatif dan Permainan Tradisional Anak Usia Dini. Attamkiim: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10.

Suri, E., et al. (2024). Penanaman Rasa Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Edusiana: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Dasar, 11(2), 130–138.

Usykiroh, W. N. (2024). Implementasi Permainan Tradisional Gobak Sodor Untuk Meningkatkan Sikap Gotong Royong dan Kolaborasi Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 3(2), 89–98.

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63.

Wulandari, R., Sari, P., & Prihatiningsih. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Gempuran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2550–2560.

Yuningsih, T. I. (2024). Permainan Tradisional dalam Menunjang Profil Pelajar Pancasila Fase Fondasi. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 130–136.

Downloads

Published

2025-12-27

How to Cite

Hidayanto, N. E. . (2025). Implementasi Permainan Tradisional sebagai Sarana Penguatan Karakter Kebangsaan dan Cinta Tanah Air di Lembaga PAUD. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 9(1), 1–6. https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.2881

Issue

Section

Articles