Implementasi Media Permainan Ular Tangga Edukatif dalam Menanamkan Karakter Berkebinekaan Global pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Diana Friwahyuni Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2469

Keywords:

anak usia dini, berkebinekaan global, pendidikan karakter, permainan edukatif, profil pelajar Pancasila, ular tangga

Abstract

Era digital dan globalisasi berpotensi mengikis nilai budaya bangsa akibat pengaruh budaya asing. Di sisi lain, generasi muda dituntut mampu berinteraksi lintas budaya, agama, dan latar belakang. Karena itu, pendidikan karakter yang menanamkan penghargaan terhadap keberagaman perlu diberikan sejak usia dini. Dalam Profil Pelajar Pancasila, nilai-nilai tersebut tercermin dalam dimensi berkebinekaan global yang perlu ditanamkan secara kontekstual dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi media permainan ular tangga edukatif dalam menanamkan karakter berkebinekaan global pada anak usia 5–6 tahun. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif di TK Muslimat NU 53 Wuluhan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan  bahwa implementasi media permainan ular tangga edukatif dalam menanamkan karakter berkebinekaan global pada anak usia 5-6 tahun dilakukan dalam kegiatan pembelajaran melalui tahapan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang interaktif dimana guru sebagai perancang, fasilitator dan memberikan scaffolding secara aktif dan reflektif. Hasil penelitian  juga menunjukkan bahwa media permainan ular tangga edukatif membantu anak mengenal budaya, menghargai perbedaan, bekerja sama, dan berempati. Anak lebih aktif dan antusias memahami keberagaman melalui bermain. Media ini efektif dan menyenangkan dalam menanamkan nilai berkebinekaan global serta mendukung Profil Pelajar Pancasila.

References

Berikut adalah daftar referensi Anda yang sudah **dikonversi ke format APA 7th edition** dengan konsistensi judul miring (*italic*), penulisan nama penulis, penerbit, dan DOI yang sesuai standar:

---

Aksoy, P., & Baran, G. (2020). The effect of storytelling-based and play-based social skills training on social skills of kindergarten children: An experimental study. *Egitim ve Bilim, 45*(204). [https://doi.org/10.15390/EB.2020.8670](https://doi.org/10.15390/EB.2020.8670)

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). *Dimensi, elemen dan subelemen profil pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka*. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Banks, J. A. (2022). *An introduction to multicultural education* (3rd ed.). University of Washington.

Berk, L. E., & Meyers, A. (2015). *Infants and children: Prenatal through middle childhood* (8th ed.). Pearson.

Bodrova, E., & Leong, D. (2024). *Tools of the mind*. [https://doi.org/10.4324/9781003164920](https://doi.org/10.4324/9781003164920)

Creswell, J. W. (2020). *Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches* (2nd ed.). Sage Publications.

Devina, F., Nurdin, E. S., Ruyadi, Y., Kosasih, E., & Nugraha, R. A. (2023). Penguatan karakter Pancasila anak usia dini melalui kearifan budaya lokal: Sebuah studi literatur. *Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7*(5). [https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4984](https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4984)

Fitri, R., & Rakimahwati, R. (2021). Game edukasi berbasis budaya lokal Sumbang Duo Baleh untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak. *Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6*(1). [https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1220](https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1220)

Hosokawa, R., Matsumoto, Y., Nishida, C., Funato, K., & Mitani, A. (2024). Enhancing social-emotional skills in early childhood: Intervention study on the effectiveness of social and emotional learning. *BMC Psychology, 12*, 761. [https://doi.org/10.1186/s40359-024-02280-w](https://doi.org/10.1186/s40359-024-02280-w)

Kangas, J., Lastikka, A. L., & Arvola, O. (2023). Inclusive play: Defining elements of playful teaching and learning in culturally and linguistically diverse ECEC. *Education Sciences, 13*(9). [https://doi.org/10.3390/educsci13090956](https://doi.org/10.3390/educsci13090956)

Kasmiati, K. (2025). Optimalisasi pendidikan anak usia dini dalam membangun fondasi karakter dan kognitif anak. *Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8*(5), 5458–5461. [https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8015](https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8015)

Kester, K. (2023). Global citizenship education and peace education: Toward a postcritical praxis. *Educational Philosophy and Theory, 55*(1). [https://doi.org/10.1080/00131857.2022.2040483](https://doi.org/10.1080/00131857.2022.2040483)

KURKA. (2022, March 10). Indikator capaian perkembangan profil pelajar Pancasila PAUD. *Kurikulum Merdeka*. [https://kurikulummerdeka.com/profil-pelajar-pancasila-paud-apa-capaian-perkembangannya/](https://kurikulummerdeka.com/profil-pelajar-pancasila-paud-apa-capaian-perkembangannya/)

Lockman, J. J., & Tamis-LeMonda, C. S. (2021). Young children’s interactions with objects: Play as practice and practice as play. *Annual Review of Developmental Psychology, 3*(1). [https://doi.org/10.1146/annurev-devpsych-050720-102538](https://doi.org/10.1146/annurev-devpsych-050720-102538)

Mcleod, S. (2018). Jean Piaget’s theory of cognitive development schemas. *Simply Psychology*. [https://www.simplypsychology.org/piaget.html](https://www.simplypsychology.org/piaget.html)

Melianasari, H., & Suparno, S. (2018). The importance of traditional games to improve children’s interpersonal skill. In *Proceedings of the Social, Economic, and Cultural Issues in Education (SECRET 2018)* (pp. 142–145). [https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.29](https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.29)

Moleong, L. J. (2017). *Metode penelitian kualitatif*. Remaja Rosdakarya.

Nilsson, M., Ferholt, B., & Lecusay, R. (2018). ‘The playing-exploring child’: Reconceptualizing the relationship between play and learning in early childhood education. *Contemporary Issues in Early Childhood, 19*(3). [https://doi.org/10.1177/1463949117710800](https://doi.org/10.1177/1463949117710800)

Nisviati, S., Handayani, N. A., Udmah, S., & Sianturi, R. (2025). Pendidikan holistik integratif dalam pembentukan karakter anak usia dini: Systematic literature review. *Jurnal Penelitian Inovatif, 5*(2), 1195–1202. [https://doi.org/10.54082/jupin.1439](https://doi.org/10.54082/jupin.1439)

Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic analysis: Striving to meet the trustworthiness criteria. *International Journal of Qualitative Methods, 16*(1). [https://doi.org/10.1177/1609406917733847](https://doi.org/10.1177/1609406917733847)

Nutbrown, C., & Clough, P. (2015). *Pendidikan anak usia dini* (Terjemahan). Pustaka Belajar.

Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling in early childhood education: Time to go digital. *International Journal of Child Care and Education Policy, 15*(1). [https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x](https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x)

Rijal, A., Kosasih, A., & Nurdin, E. S. (2023). Thomas Lickona and Yusuf Qardhawi: Creating value for character education through narrative. In *Proceedings of the International Conference on Language, Education, and Social Science (ICLESS 2022)*. [https://doi.org/10.2991/978-2-494069-15-2_3](https://doi.org/10.2991/978-2-494069-15-2_3)

Slavin, R. E. (2018). *Educational psychology: Theory and practice* (12th ed.). Pearson.

Suryaningsih, T., Maksum, A., & Marini, A. (2023). Membentuk profil pelajar Pancasila dimensi berkebinekaan global melalui pendidikan multikultural di sekolah dasar. *DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7*(3). [https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.79594](https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.79594)

Susanto, N. H. (2018). Infiltrasi globalisasi terhadap identitas budaya dan pendidikan karakter negara berkembang. *Lembaran Ilmu Kependidikan, 47*(2).

UNESCO. (2018). *Global citizenship education: Taking it local*. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. [https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000265456](https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000265456)

UNESCO. (2023). *What you need to know about education for sustainable development*. [https://www.unesco.org/en/education/sustainable-development](https://www.unesco.org/en/education/sustainable-development)

Wahyuni, A. (2024). Media pembelajaran berbasis kebudayaan lokal pada pembelajaran anak usia dini. *KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini*, 1(1), 743–753. [https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.12929](https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.12929)

Zaman, B. (2014). *Media dan sumber belajar PAUD*. Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Friwahyuni, D. . (2025). Implementasi Media Permainan Ular Tangga Edukatif dalam Menanamkan Karakter Berkebinekaan Global pada Anak Usia 5-6 Tahun. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 497–509. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2469

Issue

Section

Articles