Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Sistematis

Authors

  • Nova Eko Hidayanto Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2458

Keywords:

internalisasi nilai, Pancasila, pendidikan anak usia dini, karakter, tinjauan sistematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis berbagai literatur yang membahas internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan anak usia dini. Internalisasi nilai-nilai luhur bangsa sejak usia dini merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan identitas kebangsaan anak. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menelaah artikel-artikel ilmiah yang diterbitkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, baik dari jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi internalisasi nilai Pancasila dalam konteks PAUD meliputi pendekatan pembiasaan, keteladanan guru, permainan edukatif, serta integrasi dalam kegiatan tematik. Nilai-nilai yang paling dominan diajarkan adalah religiusitas, gotong royong, nasionalisme, dan tanggung jawab. Tantangan yang dihadapi antara lain keterbatasan pemahaman guru terhadap implementasi nilai Pancasila dan kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga. Kajian ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru, pengembangan kurikulum berbasis nilai, serta kolaborasi antara sekolah dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan karakter anak sesuai nilai-nilai Pancasila.

References

Armelia, D. (2023). Peran pendidik dalam proses internalisasi nilai-nilai Pancasila pada program 7 Poe Atikan Istimewa di PAUD (Tesis Magister, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/86207/

Aqilah, J., Adana, F. T. N., Azahra, V. A., Novianti, Z. Z., Sinamo, E. S., & Diputra, A. M. (2024). Analisis perkembangan nilai Pancasila anak di TK Negeri 1 Pembina Medan. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 45–55. https://doi.org/10.31004/sentra.v5i1.842

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Fitriani, Y. (2021). Pendekatan tematik dalam pengajaran nilai Pancasila di PAUD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 112–123. https://doi.org/10.31227/fitriani.pancasila

Henny, H., & Risman, K. (2023). Internalisasi nilai-nilai nasionalisme anak usia dini pada lembaga PAUD berbasis Islam. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1289–1298. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.2345

Hidayanto, N. E. (2024). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran pendidikan karakter di PAUD. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(1), 15–27. https://doi.org/10.53889/jecie.v3i1.109

Karimaliana, K., Agustina, D., & Juita, N. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi dan profil Pancasila dalam Kurikulum Merdeka: Persepsi guru PAUD. Jurnal Obsesi, 7(1), 101–110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.1530

Kusrina, T. (2023). Upaya pengembangan nilai-nilai pendidikan Pancasila anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1445–1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.2221

Mimin, E. (2023). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dengan kurikulum PAUD: Strategi mewujudkan siswa PAUD profil pelajar Pancasila. Jurnal Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.14421/jga.2023.71-04

Nasrudin, M. H., Dewi, D. A., & Adriansyah, M. I. (2024). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam membentuk karakter anak sekolah dasar. PRIMER: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.31851/primer.v13i1.11250

Ochtaliza, F., Ananda, J. D., Nurfazhila, I., et al. (2024). Menanamkan nilai Pancasila melalui penguatan pendidikan karakter untuk siswa berkebutuhan khusus. MERDEKA: Jurnal Pendidikan Khusus, 4(1), 18–29. https://doi.org/10.47265/merdeka.v4i1.932

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., … & Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. BMJ, 372, n71. https://doi.org/10.1136/bmj.n71

Pondok Salam. (2023). Program unggulan penguatan karakter & pembiasaan beribadah: Internalisasi nilai-nilai Pancasila. Jurnal Obsesi PAUD, 7(2), 1501–1512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.2589

Rahayu, I., Mulyasari, E., Hendrawan, D., Mutia, R. C., & Munandar, A. (2023). Integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter di sekolah dasar: Analisis bibliometrik. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 17–28. https://doi.org/10.24127/kcj.v11i1.692

Ramdani, F. M. (2017). Internalisasi nilai pendidikan karakter pada anak usia dini: Studi kasus SPS Mawar 2 (Skripsi Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/31250/

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Supeni, S. (2015). Pengembangan model internalisasi pendidikan karakter Pancasila pada guru PAUD. Cakrawala Pendidikan, 2(1), 95–108. https://doi.org/10.21831/cp.v2i1.590

Surono. (2012, Februari 3). Terjadi inkonsistensi internalisasi nilai-nilai Pancasila pada anak. Universitas Gadjah Mada News. https://ugm.ac.id/id/berita/3794

Wiyani, N. A., Suacana, I. W. G., & Sudana, I. W. (2022). Merdeka belajar untuk menumbuhkan kearifan lokal berbasis nilai Pancasila pada lembaga PAUD. Antroposen: Jurnal Antropologi Sosial Budaya (JASB), 8(2), 181–195. https://doi.org/10.25077/antro.8.2.181-195.2022

Zalukhu, M. N. P., Astawan, I. G., & Wirabrata, D. G. F. (2023). Storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila terhadap kemampuan berperilaku sosial anak usia dini kelompok usia 4–5 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 21–29. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.57023

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Hidayanto, N. E. . (2025). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Sistematis . JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 489–496. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2458

Issue

Section

Articles