Literasi Digital Anak Usia Dini: Tinjauan Sistematis Atas Peluang Edukasi dan Risiko Adiksi di Era Teknologi

Authors

  • Yanti Nurhayati UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Ratnasari Dwi Ade Chandra Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2444

Keywords:

adiksi layar, anak usia dini, literasi digital, media digital, peran orang tua

Abstract

Penggunaan media digital oleh anak usia dini mengalami peningkatan signifikan dalam satu dekade terakhir, seiring dengan kemudahan akses terhadap perangkat digital seperti gawai dan tablet. Di balik potensinya sebagai alat edukatif, media digital juga menyimpan risiko terhadap perkembangan anak jika tidak digunakan secara tepat. Studi ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis literatur ilmiah yang membahas literasi digital anak usia dini, dengan fokus pada manfaat edukatif dan dampak negatif penggunaan media digital. Metode yang digunakan adalah systematic literature review (SLR) terhadap 26 artikel terpilih yang dipublikasikan antara tahun 2013 hingga 2023. Hasil kajian menunjukkan bahwa media digital mampu mendukung perkembangan literasi awal, kreativitas, dan keterlibatan belajar anak, terutama jika digunakan dengan pendampingan aktif orang dewasa. Namun, tanpa pengawasan, penggunaannya berisiko menimbulkan masalah tidur, keterlambatan bicara, hingga perilaku adiktif terhadap layar. Literasi digital anak juga sangat dipengaruhi oleh tingkat literasi digital orang tua dan guru. Temuan ini menegaskan pentingnya intervensi berbasis kebijakan serta pelatihan literasi digital bagi pendamping anak usia dini guna membangun ekosistem digital yang sehat dan edukatif.

References

Anisa, S., Yusri, Y., & Fajriani, Y. (2023). Peran orang tua dalam menumbuhkan literasi digital anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 1743–1751. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3661

Cakiroglu, Ü., Yalçin, S., & Akgün, Ö. E. (2021). Digital storytelling for children with autism spectrum disorder: Effects on communication skills. Education and Information Technologies, 26, 4219–4233. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10566-2

Chen, C., & Jamiat, N. (2023). A systematic review on the effectiveness of children’s interactive reading applications for promoting their emergent literacy in the multimedia context. Contemporary Educational Technology, 15(2), ep412. https://doi.org/10.30935/cedtech/12941

Chen, J., & MacCallum, K. (2023). Parental mediation and digital literacy in early childhood: A review of recent research. Early Childhood Education Journal, 51, 1091–1103. https://doi.org/10.1007/s10643-023-01445-1

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Nurhayati, Y., & Chandra, R. D. A. . (2025). Literasi Digital Anak Usia Dini: Tinjauan Sistematis Atas Peluang Edukasi dan Risiko Adiksi di Era Teknologi . JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 478–488. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2444

Issue

Section

Articles