Implementasi Projek Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kurikulum Merdeka dalam Dimensi Cinta Tanah Airku

Authors

  • Manda Nurhidayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sima Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Qonita Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2318

Keywords:

Kurikulum Merdeka, P5, Tanah Air

Abstract

Artikel ini membahas implementasi Kurikulum Merdeka dengan fokus pada pembelajaran Profil Pelajar Pancasila (P5) di TK Negeri Pembina, Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek berupa siswa, kepala sekolah serta guru PAUD, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sekolah telah berhasil mengadopsi Kurikulum Merdeka sejak tahun ajaran 2023/2024 sebagai pengganti Kurikulum 2013. Implementasi ini bertujuan untuk meningkatkan karakter cinta tanah air pada anak usia dini melalui pendekatan cerita dan permainan, kegiatan seni dan kreativitas, serta pengalaman langsung dalam kegiatan kebangsaan mmultikultural. Guru berperan sebagai model teladan dalam menanamkan nilai-nilai pancasila dan meningkatkan kesadaran siswa terhadap budaya dan sejarah bangsa. Artikel ini juga menyoroti pentingnya peran pendidikan dalam membangun fondasi karakter bangsa yang kuat melalui pengajaran yang menyenangkan dan relevan dengan perkembangan anak. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pendidikan karakter cinta tanah air di sekolah-sekolah Indonesia.

References

Afipah, H., & Imamah, I. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Enam Dimensi Karakter di PAUD. Journal of Education Research, 4(3), 1534–1542. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.456

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694

Apriyanti, H. (2019). Pemahaman Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 3(1), 13–18. https://doi.org/10.31537/ej.v3i1.137

Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453

Evi Nur Khofifah, & Siti Mufarochah. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239. https://doi.org/10.21093/di.v14i2.15

Liya Lisnawati, Wahyudin Wahyudin, & Jennyta Caturiasari. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, pembelajaran dan Ilmu Sosial, 1(3), 48–78. https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i3.36

Muhammad, R. A. (2014). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69

Nisa, A. F. (2023). Relevansi Guru Pengajar Penerapan Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembentukan Karakter Berbasis Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 677–686. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/1113

Rini Anggraeni, & Budi Rahman. (2023). Menerapkan Rasa Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 96–101. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i2.7346

Risvan Akhir Roswandi. (2022). Menakar Keselarasan Islam Dan Patriotisme. Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 16(1), 610–618. https://doi.org/10.55558/alihda.v16i1.50

Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952

Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Nurhidayanti, M. ., Mulyadi, S. ., & Qonita, Q. (2025). Implementasi Projek Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kurikulum Merdeka dalam Dimensi Cinta Tanah Airku. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 412–418. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2318

Issue

Section

Articles