Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B TK Al – Khoiriyah

Authors

  • Salsabila Aurellia Universitas PGRI Argopuro Jember
  • A Zulkarnain Ali Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Pipit Rika Wijaya Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2317

Keywords:

Anak Usia Dini, Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini, Intensitas Bermain Game Online

Abstract

Setiap individu, terutama anak-anak berusia 5 sampai 6 tahun, membutuhkan interaksi sosial bagi pengembangan diri melalui berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, saling mengenal, bertukar pikiran, dan memecahkan masalah. Kurangnya perkembangan sosial emosional ini menjadikan alasan dari latar belakang penelitian ini, karena itu, peneliti tertarik untuk melihat seberapa pengaruh game online pada perkembangan sosial emosional anak. Dilakukannya pada penelitian ini, yakni dengan tujuan guna membuktikan apakah intensitas bermain game online berpengaruh pada perkembangan sosial emosional pada siswa Kelompok B di TK Al-Khoiriyah Jember. Rancangan penelitian ini, menerapkan kuantitatif korelasional. Adapun subjek penelitian melibatkan seluruh murid dari Kelompok B TK Al-Khoiriyah dengan jumlah 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Proses pengumpulan data memanfaatkan korelasi antara uji prasyarat yang telah terpenuhi dan moment produk. Hasil uji korelasional momen produk menunjukkan bahwa hasil rxy adalah 1,207, dan R-tabel mengetahui nilai koefisien momen produk "r" dari 26 dengan taraf signifikan 5% berkisar 0,3297, sehingga dapat dianggap lebih besar dari R-tabel, yaitu 1,207 lebih besar dari 0,3297. Dengan demikian, disimpulkan bahwa intensitas bermain game online pada anak usia dini di Kelompok B TK Al-Khoiriyah Tahun Ajaran 2022/2023 dapat diterima atau mempengaruhi perkembangan sosial emosional mereka.

References

Azni, F. (2017). Pengaruh bermain game online terhadap perkembangan sosial emosional anak. kolokium jurnal pendidikan luar sekolah.

Ermawati, E. (2022). Hubungan Kecanduan Game Online Terhadap Interaksi Sosial Pada Mahasiswa FKIP Universitas Islam Riau. https://repository.uir.ac.id.

Kontesa, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. repository.iainbengkulu.ac.id, 1-106.

Kurniansih, E. (2021). HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI ORANGTUA DAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN. eprintslib.ummgl.ac.id, 28.

Munisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan. jurnal.pancabudi.ac.id.

Priyanto, A. (2014). PENGEMBANGAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA DINI MELALUI AKTIVITAS BERMAIN. journal.uny.ac.id.

Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov dan Saphiro Wilk. Journal Of Health, Education, Economics, Science, and Technology, 3(1), 7-11.

Salsabila, J., & Nurmaniah. (2021). Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim. Jurnal Golden Age, 5(2), 111-118.

Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta Bandung.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 1-16.

Yunas, A. M. (2023). Pengaruh Kecanduan Game Online terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam . jonedu.org.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Aurellia, S. . ., Ali, A. Z. ., & Wijaya, P. R. . (2025). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B TK Al – Khoiriyah . JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 388–397. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2317

Issue

Section

Articles