Penerapan Bermain Peran Mikro untuk Menstimulasi Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Dawung Kecamatan Ringinrejo

Authors

  • Rina Insani Nahdlatul Ulama Blitar
  • Arif Muzayin Nahdlatul Ulama Blitar
  • Apriliyanti Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2306

Keywords:

Bermain Peran Mikro, Sosial Emosional

Abstract

Bermain peran mikro merupakan salah satu jenis permainan yang dapat dilakukan dengan berkelompok, dimana dapat menstimulasi kerjasama, toleransi, berkomunikasi, saling berbagi, empati, serta berperan aktif dalam permainan kelompok, dalam khususnya aspek sosial emosional. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui serta mendeskripsikan efektivitas penerapan bermain peran mikro dalam menstimulasi kemampuan sosial emosional anak usia dini di TK Dharma Wanita Dawung Kecamatan Ringinrejo”. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subyek adalah guru dan anak didik, dimana pengambilan data dilakukan wawancara kepada guru, observasi proses pemelajaran, serta dokumentasi hasil yang sudah pernah maupun sedang dilakukan pada saat penelitian. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa bermain peran mikro menunjukkan pentingnya hubungan sosial emosional antara guru dan anak, hal ini ditunjukkan pada kondisi dimana guru melakukan pendampingan ketika anak bermain maupun pada kegiatan recalling, membangun hubungan yang baik dan penuh perhatian terhadap anak didiknya, sehingga aspek kemampuan sosial emosional dapat terstimulasi dengan baik.

References

Ambarwati, P. (2021). Pengaruh Film Animasi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak pada Usia 5-6 Tahun di Desa Kedung Boto Kecamatan Taman Sidoarjo. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.

Anita. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Dasar.

Barung, R., Djumingin, S., & Daeng, K. (2022). Dampak Serial Animasi Upin Dan Ipin Pada Kosakata Dalam Percakapan Bahasa Indonesia. Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 14. https://doi.org/10.59562/wl.v2i1.35597

Chandrawaty. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Dosen PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Edu Publisher.

Evanofiana, N., Mahyuddin, N., & ... (2019). Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Permainan Boneka Jari di Taman Kanak-Kanak. JFACE: Journal …, 1(2007). https://doi.org/10.5281/zenodo.2649340

Ilza. F.N, Nurhafizah (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai

Mulyandika, G. A. (2023). Pengaruh Film Animasi Nusa Dan Rara Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Dalam Mendeskripsikan. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI …, 2(1), 78–87. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/view/2544%0Ahttp:// proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/download/2544/2343

Munandhi, Y. (2008). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Gaung Persada Press.

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gadjah Mada.

Nurhayati. (2014). Penggunaan Media Flim Animasi Dalam Meningkatkan Kosakata Anak Usia 4 -5 Tahun Di Taman Kanak -Kanak Islamiyah. Universitas Muhammadiyah Pontianak.Sofyan, H. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. CV Infomedika

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Insani, R. ., Muzayin, A. ., & Apriliyanti, A. (2025). Penerapan Bermain Peran Mikro untuk Menstimulasi Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Dawung Kecamatan Ringinrejo . JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 457–462. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2306

Issue

Section

Articles