Penerapan Bermain Peran Mikro untuk Menstimulasi Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Dawung Kecamatan Ringinrejo
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2306Keywords:
Bermain Peran Mikro, Sosial EmosionalAbstract
Bermain peran mikro merupakan salah satu jenis permainan yang dapat dilakukan dengan berkelompok, dimana dapat menstimulasi kerjasama, toleransi, berkomunikasi, saling berbagi, empati, serta berperan aktif dalam permainan kelompok, dalam khususnya aspek sosial emosional. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui serta mendeskripsikan efektivitas penerapan bermain peran mikro dalam menstimulasi kemampuan sosial emosional anak usia dini di TK Dharma Wanita Dawung Kecamatan Ringinrejo”. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subyek adalah guru dan anak didik, dimana pengambilan data dilakukan wawancara kepada guru, observasi proses pemelajaran, serta dokumentasi hasil yang sudah pernah maupun sedang dilakukan pada saat penelitian. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa bermain peran mikro menunjukkan pentingnya hubungan sosial emosional antara guru dan anak, hal ini ditunjukkan pada kondisi dimana guru melakukan pendampingan ketika anak bermain maupun pada kegiatan recalling, membangun hubungan yang baik dan penuh perhatian terhadap anak didiknya, sehingga aspek kemampuan sosial emosional dapat terstimulasi dengan baik.
References
Ambarwati, P. (2021). Pengaruh Film Animasi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak pada Usia 5-6 Tahun di Desa Kedung Boto Kecamatan Taman Sidoarjo. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.
Anita. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Dasar.
Barung, R., Djumingin, S., & Daeng, K. (2022). Dampak Serial Animasi Upin Dan Ipin Pada Kosakata Dalam Percakapan Bahasa Indonesia. Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 14. https://doi.org/10.59562/wl.v2i1.35597
Chandrawaty. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Dosen PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Edu Publisher.
Evanofiana, N., Mahyuddin, N., & ... (2019). Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Permainan Boneka Jari di Taman Kanak-Kanak. JFACE: Journal …, 1(2007). https://doi.org/10.5281/zenodo.2649340
Ilza. F.N, Nurhafizah (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai
Mulyandika, G. A. (2023). Pengaruh Film Animasi Nusa Dan Rara Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Dalam Mendeskripsikan. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI …, 2(1), 78–87. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/view/2544%0Ahttp:// proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/download/2544/2343
Munandhi, Y. (2008). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Gaung Persada Press.
Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gadjah Mada.
Nurhayati. (2014). Penggunaan Media Flim Animasi Dalam Meningkatkan Kosakata Anak Usia 4 -5 Tahun Di Taman Kanak -Kanak Islamiyah. Universitas Muhammadiyah Pontianak.Sofyan, H. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. CV Infomedika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.