Manajemen Berbasis Nilai Sosial dan Ekonomi untuk Keberlanjutan Lembaga PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.2177Keywords:
manajemen PAUD, nilai sosial, nilai ekonomi, keberlanjutan, pendidikan anak usia diniAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menghadapi tantangan signifikan dalam menjaga keberlanjutan operasional lembaga di tengah keterbatasan sumber daya. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen berbasis nilai sosial dan ekonomi dalam mendukung keberlanjutan lembaga PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) untuk mengeksplorasi berbagai strategi pengelolaan yang mengintegrasikan nilai sosial, seperti partisipasi aktif komunitas, dan nilai ekonomi, seperti efisiensi penggunaan sumber daya, pengelolaan anggaran yang efektif, serta diversifikasi sumber pendanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi antara kedua nilai ini dapat memperkuat kapasitas lembaga PAUD dalam bertahan secara finansial tanpa mengabaikan tanggung jawab sosialnya. Dengan mengutamakan nilai-nilai ini, lembaga PAUD dapat meningkatkan ketahanan finansialnya sekaligus memberikan dampak sosial yang signifikan bagi komunitas sekitar. Oleh karena itu, manajemen berbasis nilai sosial dan ekonomi menjadi strategi yang efektif untuk memastikan keberlanjutan dan perkembangan lembaga PAUD dalam jangka panjang.
References
Arifin, Z., et al. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Brinkerhoff, D. W. (2018). Nonprofit Management: Principles and Practices. Boston: Cengage Learning.
Heckman, J. J. (2011). The Economics of Inequality: The Value of Early Childhood Education. American Educator, 35(1), 31-47.
UNESCO. (2015). Early Childhood Care and Education in Asia-Pacific: Ensuring Quality and Sustainability. Bangkok: UNESCO.
UNESCO. (2019). Global Monitoring Report on Education and Early Childhood Development. Paris: UNESCO.
Young, M. E. (2018). Early Child Development: From Measurement to Action. Washington, DC: The World Bank.
Barnett, W. S. (2011). Effectiveness of Early Educational Intervention. Science, 333(6045), 975–978. https://doi.org/10.1126/science.1204534
OECD. (2017). Starting Strong V: Transitions from Early Childhood Education and Care to Primary Education. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264276253-en
Tucker, D. J., & Russell, J. (2004). New Directions for Early Childhood Education: Advancing Quality and Equity. Journal of Early Childhood Research, 2(1), 5–20. https://doi.org/10.1177/1476718X04042976
Save the Children. (2013). Early Childhood Development: The Promise of Investment. London: Save the Children.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.