Penerapan Model Pembelajaran Berbasis STEAM pada Tema Alam Semesta untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Dewi Masyithoh 07 Umbulsari Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2154Keywords:
Pembelajaran STEAM, Kemampuan BahasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada tema alam semesta untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5–6 tahun, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya, serta mengeksplorasi upaya sekolah dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi di TK Dewi Masyitoh 07 Umbulsari, Jember, melibatkan 20 anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan STEAM sudah berjalan baik, melibatkan tahap questioning, exploring and observing, serta developing skills and processes. Metode ini mendorong anak untuk berimajinasi dan berkreasi sesuai kemampuan mereka. Faktor pendukung meliputi peran orang tua yang mendukung kreativitas anak, seperti menggunakan bahan bekas untuk bermain. Namun, hambatan muncul dari kurangnya edukasi dan kesibukan orang tua, yang mengurangi efektivitas pembelajaran STEAM. Untuk mengatasi hambatan ini, sekolah melakukan parenting, sosialisasi dengan orang tua, dan guru berinisiatif menyusun buku atau sumber belajar mandiri. Dengan pendekatan ini, pembelajaran berbasis STEAM terbukti mampu meningkatkan perkembangan bahasa anak serta melibatkan sinergi antara sekolah, guru, dan orang tua.
References
Aditia Pratama, R. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran model PJBL dengan pendekatan STEAM dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal.
Amirono, M. T., & Daryanto. (2016). Evaluasi dan penilaian pembelajaran kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto. (2016). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Guslinda, & Rita Kurnia. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Surabaya: CV Jakad Publishing.
Handayani, N., & Radia, E. H. (2018). Efektivitas model pembelajaran two stay two stray (TSTS) ditinjau dari hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran matematika. International Journal of Elementary Education.
Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Imaduddin, M. (2017). Mendesain ulang pembelajaran sains anak usia dini yang konstruktif melalui STEAM project-based learning yang bernuansa Islami.
Irmayani, M., & Kusumaningtyas, N. (2020). Perencanaan pembelajaran PAUD berbasis STEAM.
Maulidia, R., Suarni, N. K., & Diputra, I. K. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran two stay two stray berbantuan media video terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran.
Munawar, M., & Roshayanti, F., et al. (2019). Implementation of STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics)-based early childhood education learning in Semarang City. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5).
Noor, J. (2017). Metodologi penelitian skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah. Jakarta: Kencana.
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam pembelajaran matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 90.
Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Jakarta: Permendikbud.
Permendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jakarta: Permendikbud.
Prawiradilaga, D. S. (2015). Prinsip desain pembelajaran (instructional design principles). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Prameswari, T. W., & Lestariningrum, A. (2020). STEAM-based learning strategies by playing loose parts for the achievement of 4C skills in children 4-5 years. Efektor, 7(1), 28.
Pusparini, D., & Anggra, D. D. (2019). Penerapan metode bermuatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) untuk meningkatkan pembelajaran pada anak usia dini.
Rusman. (2013). Model-model pembelajaran (mengembangkan profesionalisme guru). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sunarti, & Rachmawati, S. (2014). Penilaian dalam kurikulum 2013: Membantu guru dan calon guru mengetahui langkah-langkah penilaian pembelajaran. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif). Bandung: Alfabeta.
Sunarya, D. (2016). Stimulasi dan aspek perkembangan anak. Jakarta: Kencana.
Syahrudin. (2014). Model pembelajaran pendidikan anak usia dini. Ponorogo: Alaudin Press.
Trianto. (2013). Desain pengembangan pembelajaran tematik bagi anak usia dini TK/RA & kelas awal SD/MI. Jakarta: Kencana.
Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluation. London: Kogan Page.
Wahyuningsih, S. A. R. P., et al. (2020). Efek metode STEAM pada kreativitas anak usia 5–6 tahun. Skripsi.
Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.