Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Karakter di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.2127Keywords:
nilai-nilai Pancasila, pendidikan karakter, PAUD, pembelajaran kolaboratif, pendidikan moralAbstract
Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan langkah strategis untuk membentuk kepribadian yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila sejak usia dini. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran pendidikan karakter di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber ilmiah dan praktik pembelajaran di PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, toleransi, dan keadilan, dapat ditanamkan melalui pendekatan bermain, bercerita, dan proyek berbasis kolaborasi. Penerapan ini memerlukan dukungan guru yang kompeten, lingkungan belajar yang kondusif, serta keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila, pendidikan karakter di PAUD diharapkan mampu membangun generasi yang memiliki moralitas, integritas, dan kesadaran sebagai warga negara yang baik.
References
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Hadi, S., Suyadi, & Selvi, S. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 103-115.
Krippendorff, K. (2018). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. SAGE Publications.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.
Mustafa, M. (2017). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.
Nuraini, N., & Hidayah, I. (2020). Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 45-58.
Piaget, J. (1962). Play, Dreams, and Imitation in Childhood. W.W. Norton & Company.
Suyadi, S., & Selvi, S. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Pancasila di PAUD. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 7(3), 234-248.
Suyadi, S., Widiati, W., & Selvi, S. (2020). Pendidikan Moral pada Anak Usia Dini: Perspektif Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Nasional, 12(4), 267-281.
Widiati, W. (2021). Buku Cerita sebagai Media Pendidikan Karakter di PAUD. Jurnal Media Pendidikan Anak, 9(2), 99-110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.