Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Karakter di PAUD

Authors

  • Nova Eko Hidayanto Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.2127

Keywords:

nilai-nilai Pancasila, pendidikan karakter, PAUD, pembelajaran kolaboratif, pendidikan moral

Abstract

Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan langkah strategis untuk membentuk kepribadian yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila sejak usia dini. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran pendidikan karakter di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber ilmiah dan praktik pembelajaran di PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, toleransi, dan keadilan, dapat ditanamkan melalui pendekatan bermain, bercerita, dan proyek berbasis kolaborasi. Penerapan ini memerlukan dukungan guru yang kompeten, lingkungan belajar yang kondusif, serta keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila, pendidikan karakter di PAUD diharapkan mampu membangun generasi yang memiliki moralitas, integritas, dan kesadaran sebagai warga negara yang baik.

References

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Hadi, S., Suyadi, & Selvi, S. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 103-115.

Krippendorff, K. (2018). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. SAGE Publications.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Mustafa, M. (2017). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.

Nuraini, N., & Hidayah, I. (2020). Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 45-58.

Piaget, J. (1962). Play, Dreams, and Imitation in Childhood. W.W. Norton & Company.

Suyadi, S., & Selvi, S. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Pancasila di PAUD. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 7(3), 234-248.

Suyadi, S., Widiati, W., & Selvi, S. (2020). Pendidikan Moral pada Anak Usia Dini: Perspektif Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Nasional, 12(4), 267-281.

Widiati, W. (2021). Buku Cerita sebagai Media Pendidikan Karakter di PAUD. Jurnal Media Pendidikan Anak, 9(2), 99-110.

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Hidayanto, N. E. . (2024). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Karakter di PAUD. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(1), 242–246. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.2127

Issue

Section

Articles