Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Pembentukan Karakter Mandiri Anak Usia Dini di TK Suluh Tani Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Oktavia Linda Kristiana Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Hisbiyatul Hasanah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ianatuz Zahro Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1898

Keywords:

Model; Pembelajaran; Scaffolding; karakter; mandiri

Abstract

Permasalahan pada kemandirian anak usia dini perlu diatasi secara maksimal sehingga anak tidak terlalu bergantung kepada orang lain secara berlebihan. Kurangnya kemandirian adalah alasan dari penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti tertarik menerapkan suatu model pembelajaran yaitu model pembelajaran Scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Scaffolding terhadap pembentukan karakter mandiri anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif pre-eksperimen dengan desain penelitian menggunakan one group pre-test post-test. Penelitian ini menggunakan analisis uji beda (t-test) dengan uji prasyarat yang telah terpenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t, didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan (t = 4,018; sig = 0,000 < 0,05) ditinjau dari latar belakang TK Suluh Tani yang diberikan model pembelajaran Scaffolding sebagai perlakuan yang digunakan untuk mengukur karakter mandiri anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scaffolding berpengaruh terhadap pembentukan karakter mandiri anak usia dini di TK Suluh Tani Jember. 

References

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fadhillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Indonesia. (2022). Undang-undang Perlindungan Anak no 23 tahun 2022 tentang standart proses pembelajaran. Jakarta.

Kusuma, D. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Rosdakarya Offset.

Octavia, L. et. al. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta Selatan: Rumah Kitab

Oktavia, A. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Berbasis Budaya Sekolah Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Darussalam Natar. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Salsabila, F. (2022). “Pembentukan Karakter Disiplin Anak: Sebuah Tinjauan Dari Pendidikan Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7 (1), 30-39

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suranto. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Kontemporer. Yogyakarta: laksbang pressindo

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Kristiana, O. L. ., Hasanah, H. ., & Zahro, I. . (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Pembentukan Karakter Mandiri Anak Usia Dini di TK Suluh Tani Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(2), 462–468. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1898

Issue

Section

Articles