Pengaruh Sentra Bermain Peran terhadap Kreativitas Anak Usia Dini

Authors

  • Annisa Saniyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Taopik Rahman Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1897

Keywords:

Sentra Bermain Peran; Kreativitas, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) memegang peranan penting dalam perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak. Salah satu fokus utama PAUD adalah pengembangan kreativitas, yang esensial untuk kesuksesan akademis dan sosial di masa depan. Bermain peran telah terbukti sebagai metode efektif untuk merangsang kreativitas anak usia dini dengan memungkinkan mereka untuk mengekspresikan diri, berimajinasi, dan mengembangkan keterampilan sosial serta kognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis perkembangan kreativitas anak melalui sentra bermain peran di RA Al-Muttaqin. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi terhadap 8 anak dari kelompok B1, dengan hasil menunjukkan bahwa anak-anak menunjukkan tingkat kreativitas sangat tinggi dalam aspek ketekunan, minat, imajinasi, dan dan gamabaran serta kategori tinggi dalam aspek ekspresi diri. Temuan ini menyarankan peningkatan metode bermain peran di pendidikan, inovasi dalam skenario pembelajaran, serta keterlibatan orang tua untuk mendukung kreativitas anak. Dengan demikian, pendekatan kolaboratif antara sekolah dan keluarga diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar anak-anak dan meningkatkan kualitas pendidikan mereka secara keseluruhan.

References

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200.

Permata Sari, R. (2017). Kreativitas Bermain Anak Usia Dini. 1–27.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. CV. Budi Utama.

Saripah. (2023). Bentuk Pengembangan Kemampuan Seni Anak Usia Dini. PT Mafy Media Literasi Indonesia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-12-27

How to Cite

Saniyah, A. ., Mulyana, E. H. ., & Rahman, T. . (2025). Pengaruh Sentra Bermain Peran terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 9(1), 152–159. https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1897

Issue

Section

Articles