Pembentukan Sikap Toleransi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1896Keywords:
metode pembelajaran, toleransi, bermain peranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui apakah sikap toleransi anak berkembang Ketika menggunakan tenik bermain peran. Dengan metode Role Playing sangat efektif dalam mengembangkan sikap toleransi pada anak. Dalam penelitian yang dilakukan ini menggunakan sebuah metode studi literatur yang Dimana mengumpulkan data dengan menggunakan studi penelaahan buku, catatan, laporan yang memiliki kaitan dengan masalah yang akan diselesaikan. Dari hasil penelitian menurut studi literatur menyatakan bahwa untuk mengembangkan sikap toleransi anak sejak dini melalui bermain peran dinyarakan efektif dengan menilai dari beberapa indikator yang diantaranya yaitu anak mau berbagi, anak tidak berebut dengan temannya, anak mau menjalankan peran yang telah diberikan. Tentunya untuk menanamkan perilaku sikap toleransi pada anak harus dilakukan sejak dini untuk bekal anak dimasa yang akan mendatang. Menggunakan pendekatan bermain peran atau Role Play dari kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh anak-anak untuk dapat memberikan motivasi dan juga untuk menstimulus agar anak dapat menerapkannya dalam hidup mereka. Dengan hal ini juga tentunya sebagai pendidik dan juga orang tua harus ikut serta dalam mengembangkan sikap toleransi pada anak dan pendidik perlu menentukan metode seperti apa yang layak untuk digunakan dalam menanamkan sikap toleransi.
References
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Evi Nur Khofifah, & Siti Mufarochah. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT- THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i 2.579
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta,
E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.9 72
Japar, M., Irawaty, I., & Fadhillah, D. N. (2019). Peran Pelatihan Penguatan Toleransi Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 94–104. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.82 04
Sriwahyuni, E., Asvio, N., & Nofialdi, N. (2017). Metode Pembelajaran Yang Digunakan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(1), 44.
Rahmawati, A. (2015). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.287
Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman Nilai- Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini. ABDI MOESTOPO: Jurnal
Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248–256.
https://doi.org/10.32509/abdimoestop o.v6i2.3077
Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2. 8429
Oktavianna, D. (2019). Penanaman nilai toleransi di pendidikan anak usia dini pelangi kota semarang skripsi. File:///C:/Users/Hp/Downloads/28562 8-Implementasi- Nilai-Nilai- Toleransi-Berag-A9f2aa7b.Pdf.
Aditya, F., Widiatmaka, P., Rahnang, R., & Purwoko, A. A. (2022).
Pembentukan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran yang Bervariatif. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 5(2), 1–14.
https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/j apra/article/view/17351
Kurniawan, H., & Lestari, Y. A. (2022). Penanaman Sikap Toleransi Anak Usia Dini Dalam. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 56–66.
Rahnang, R., Widiatmaka, P., Aditya, F., & Adiansyah, A. (2022). Pembangunan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6993–7002.
Kurniawan, H., & Lestari, Y. A. (2022). Penanaman Sikap Toleransi Anak Usia Dini Dalam. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 56–66.
Rahnang, R., Widiatmaka, P., Aditya, F., & Adiansyah, A. (2022). Pembangunan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6993–7002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.