Pembentukan Sikap Toleransi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran

Authors

  • Siti Sobariah Miftahul Farah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Elan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gilar Gandana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1896

Keywords:

metode pembelajaran, toleransi, bermain peran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui apakah sikap toleransi anak berkembang Ketika menggunakan tenik bermain peran. Dengan metode Role Playing sangat efektif dalam mengembangkan sikap toleransi pada anak. Dalam penelitian yang dilakukan ini menggunakan sebuah metode studi literatur yang Dimana mengumpulkan data dengan menggunakan studi penelaahan buku, catatan, laporan yang memiliki kaitan dengan masalah yang akan diselesaikan. Dari hasil penelitian menurut studi literatur menyatakan bahwa untuk mengembangkan sikap toleransi anak sejak dini melalui bermain peran dinyarakan efektif dengan menilai dari beberapa indikator yang diantaranya yaitu anak mau berbagi, anak tidak berebut dengan temannya, anak mau menjalankan peran yang telah diberikan. Tentunya untuk menanamkan perilaku sikap toleransi pada anak harus dilakukan sejak dini untuk bekal anak dimasa yang akan mendatang. Menggunakan pendekatan bermain peran atau Role Play dari kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh anak-anak untuk dapat memberikan motivasi dan juga untuk menstimulus agar anak dapat menerapkannya dalam hidup mereka. Dengan hal ini juga tentunya sebagai pendidik dan juga orang tua harus ikut serta dalam mengembangkan sikap toleransi pada anak dan pendidik perlu menentukan metode seperti apa yang layak untuk digunakan dalam menanamkan sikap toleransi.

References

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Evi Nur Khofifah, & Siti Mufarochah. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT- THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i 2.579

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta,

E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.9 72

Japar, M., Irawaty, I., & Fadhillah, D. N. (2019). Peran Pelatihan Penguatan Toleransi Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 94–104. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.82 04

Sriwahyuni, E., Asvio, N., & Nofialdi, N. (2017). Metode Pembelajaran Yang Digunakan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(1), 44.

Rahmawati, A. (2015). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.287

Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman Nilai- Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini. ABDI MOESTOPO: Jurnal

Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248–256.

https://doi.org/10.32509/abdimoestop o.v6i2.3077

Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2. 8429

Oktavianna, D. (2019). Penanaman nilai toleransi di pendidikan anak usia dini pelangi kota semarang skripsi. File:///C:/Users/Hp/Downloads/28562 8-Implementasi- Nilai-Nilai- Toleransi-Berag-A9f2aa7b.Pdf.

Aditya, F., Widiatmaka, P., Rahnang, R., & Purwoko, A. A. (2022).

Pembentukan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran yang Bervariatif. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 5(2), 1–14.

https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/j apra/article/view/17351

Kurniawan, H., & Lestari, Y. A. (2022). Penanaman Sikap Toleransi Anak Usia Dini Dalam. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 56–66.

Rahnang, R., Widiatmaka, P., Aditya, F., & Adiansyah, A. (2022). Pembangunan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6993–7002.

Kurniawan, H., & Lestari, Y. A. (2022). Penanaman Sikap Toleransi Anak Usia Dini Dalam. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 56–66.

Rahnang, R., Widiatmaka, P., Aditya, F., & Adiansyah, A. (2022). Pembangunan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6993–7002.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Farah, S. S. M. . ., Elan, E., & Gandana, G. . (2025). Pembentukan Sikap Toleransi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 432–437. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1896

Issue

Section

Articles