Faktor Penyebab Rendahnya Pendidikan Moral Anak

Authors

  • Iyan Royani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Qonita Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1893

Keywords:

Pendidikan Moral, Pandemi Covid-19, Pengaruh Orang Tua

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya pendidikan moral siswa di salah satu Sekolah Dasar Kabupaten Ciamis. Melalui pendekatan kualitatif yang melibatkan observasi dan wawancara, ditemukan bahwa pandemi Covid-19, kurangnya perhatian orang tua, pengaruh lingkungan pergaulan, dan lemahnya penerapan nilai moral di sekolah adalah faktor utama yang menyebabkan rendahnya pendidikan moral anak-anak. Pandemi Covid-19 mengakibatkan pembelajaran daring yang mengurangi interaksi langsung antara guru dan siswa serta meningkatkan akses anak-anak terhadap konten negatif. Selain itu, banyak orang tua di desa masih buta teknologi dan tidak memiliki smartphone, yang semakin menghambat pendampingan belajar anak. Kurangnya perhatian dan teladan dari orang tua, ketidakharmonisan keluarga, dan pengaruh negatif dari teman sebaya juga berperan besar dalam merosotnya moral anak-anak. Lemahnya penerapan nilai moral di sekolah membuat siswa tidak disiplin dalam berpakaian dan berbicara tidak sopan kepada guru. Penelitian ini menekankan perlunya pendekatan holistik yang melibatkan peran aktif dari sekolah, orang tua, dan lingkungan sekitar untuk meningkatkan pendidikan moral anak secara efektif dan berkelanjutan.

References

Battistich, V. (2020). The Effects of an Integrated Approach to Character Education on Student Behavior and Academic Achievement. Journal of Educational Psychology, 92(4), 687-706.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2021). What Works in Character Education: A Research-Driven Guide for Educators. Character Education Partnership.

Ibda, F. (2012). Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPkn dan Pendidikan Agama. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 338–347.

Isnani, S. (2019). Implementasi Program Polisi Sekolah Sebagai Best Practice untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Abstrak. 04, 33–42.

Lickona, T. (2020). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Nuwa, G., & Kpalet, P. (2021). Peran Guru Pkn dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. 08(01), 49–56.

Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. Universitas Udayana, 4.

Restiana, M. (2019). Berkurangnya Moral Pada Moral Anak Jaman Sekarang. 209–211.

Sugiarto, A. P., & Yulianti, P. D. (2019). Kelas X Smk Larenda Brebes. 24(2), 232–238

Suriati, S. (2015). Dampak Kurangnya Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 1(1), 129–149.

Wahyuni, Y. (2021). Problematika Moralitas Anak pada Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Immanuel Kant: Studi Kasus Di Kampung Cikaso Desa Sukamukti Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(3), 240–259.

Downloads

Published

2025-12-27

How to Cite

Royani, I. ., Mulyana, E. H. ., & Qonita, Q. (2025). Faktor Penyebab Rendahnya Pendidikan Moral Anak. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 9(1), 160–165. https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1893

Issue

Section

Articles