Program Bilingual Terhadap Perkembangan Bahasa Anak (Studi Literatur Pada Anak Usia Dini)
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1887Keywords:
Pendidikan Anak Usia Dini, Perkembangan Bahasa, BilingualAbstract
Pembelajaran dua bahasa atau bilingual menjadi semakin populer seiring perkembangan zaman, dengan pengenalan bahasa kedua yang dimulai sejak usia dini. Program ini mengintegrasikan bahasa pertama dan bahasa kedua sebagai metode pembelajaran untuk mendukung perkembangan bahasa anak. Penelitian ini mendalami penerapan, faktor, dan dampak dari program bilingual terhadap kemampuan berbahasa anak. Metode studi literatur digunakan dalam penelitian ini, di mana peneliti menganalisis berbagai artikel, jurnal, dan buku yang telah dipublikasikan. Hasilnya menunjukkan bahwa program bilingual sering menggabungkan bahasa ibu dengan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang umum dipilih. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan bilingual anak mencakup aspek internal seperti kecerdasan dan minat, serta faktor eksternal seperti dukungan keluarga dan pengaruh lingkungan sosial. Program bilingual memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan bahasa anak, termasuk peningkatan pemahaman struktur kata dan ekspansi kosakata mereka. Namun, ada juga tantangan, seperti campur aduk penggunaan bahasa yang dapat membingungkan anak dan memerlukan usaha ekstra untuk mempertajam keterampilan berbicara mereka. Kesimpulannya, meskipun program bilingual memberikan manfaat yang berharga bagi perkembangan bahasa anak, penting untuk menerapkannya secara alami dan tidak memaksa. Memantau perkembangan bahasa anak secara terus-menerus adalah kunci untuk menyesuaikan pendekatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.
References
Aisyah, N., Panjaitan, S., Rambe, M. H., Ahadi, R., & Nasution, F. (2023). Studi Pustaka?: Konsep Bilingualisme dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Bahasa Anak. 05(02), 3788–3795.
Astika, R., & Mering, A. (2017). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BILINGUAL DI TAMAN KANAK- KANAK CAHAYA MENTARI. 1–9.
Astuti, R. (2017). Penerapan pembelajaran bilingual di tk inklusi.
Aulia Annisa. (2020). Analisis Perkembangan Sosial Pada Anak Bilingual di Abad 21. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(01), 31–46. https://doi.org/10.46963/mash.v4i01.223
Margimatia, Roro Imas.(2022). EVALUASI PROGRAM KELAS BILINGUAL DI PRIMARY GLOBAL ISLAMIC SCHOOL 2. Thesis Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah Jakarta.
Muhammad Hanif Hukama, Damara, I., & Fauzi Rachman, I. (2024). Pembelajaran Bilingual: Pemerolehan dan Perkembangan Bahasa Kedua Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Bilingual. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 119–131. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v3i1.1570
Ninawati, M. (2012). Kajian dampak bilingual terhadap perkembangan kognitif anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Widya, 1993, 218706. http://e- journal.jurwidyakop3.com/index.php/majalah-ilmiah/article/view/26
Pransiska, R. (2018). KAJIAN PROGRAM BILINGUAL. 10(2), 167–178.
Pransiska, Rismaeri. (2020). Program Bilingualisme Bahasa Inggris Pada Pendidikan Anak Usia Dini. VOLUME 21 NOMOR 1 EDISI Maret 2020. 21.
Primadasa, A., Pradana, R. G., Rahmayanti, Permata, S. C. F. P., Ramadhan, S., & Ervita, D. (2023). Kemampuan Multibahasa: Tinjauan Area Otak dan Pengaruh Lingkungan. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1177–1191.
Sari, A., Wirharyati, Sumartini, T., & Rosyidah, R. H. (2021). Peningkatan Kemampuan Menyimak melalui Kalimat Perintah Bahasa Inggris Sehari- hari dengan Metode TPR. Acitya Bhakti, 1(2), 91–103. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/ACB/article/view/10873
Silviani et al. (2024) . PENGARUH PENDIDIKAN BILINGUAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF (SEBUAH STUDI PUSTAKA PADA ANAK USIA DINI) . 1 , 2 , 3 123. 2, 778–783.
Shofwati, G., & Susanti, N. (2023). Hubungan Antara Bilingual dengan Kemampuan Kosakata pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Bilingual Global Mentari Kota Depok. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 1(2),248–253. https://doi.org/10.59686/jtwb.v1i2.49
Sugianto, B. (2014). Optimalisasi Penerapan Kelas Bilingual menuju Pembelajaran Efektif Di SMP Negeri 1 Dukun Gresik. Jurnal Kebijakan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 35–41.
Sundari, Utari Yolla. (2024). Metodologi Penelitian (S. Suhardi (Ed.); 1st ed.). CV Gita Lentera.
Yuliandini & Dhieni. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BILINGUAL DALAM MENGENALKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN p-ISSN: 2716-2079 e-ISSN: 2721-0685. 1–17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

