Penggunaan Media Ular Tangga untuk Mengembangkan Literasi Numerasi pada Anak Usia Dini

Authors

  • Annisa Naelul Barokah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sima Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gilar Gandana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1885

Keywords:

literasi, numerasi, pendidikan, anak usia dini, permainan ular tangga

Abstract

Rendahnya peringkat literasi numerasi siswa di Indonesia menggaambarkan bahwa pendidikan di Indonesia dalam hal kualitas masih kurang dibandingkan dengan negara yang lain. Situasi ini tentu memrlukan perhatian serius dari pemerintah dan semua pihak terkait. Pngenalan literasi numerai pada anak usia dini merupakan aspek penting dalam pendiidkan anak. Media permainan seperti ular tangga dapat digunakan sebagai media yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman numerasi anak. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dilakukan untuk mengkaji temuan penelitian sebelumnya terkait penggunaan media permainan dalam pendidikan. Temuan menunjukkan bahwa pengguaan media ular tangga secara signifikan menngkatkan keterlibatan dan pemahaman konsep numerasi pada anak usia dini. Penggunaan media ular tangga efektif dalam meningkatkan literasi numerasi pada anak usia dini. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasi, mamfaatnya jelas signifiakn. Melalui media ular tangga diharapkan anak lebih mudah memahami materi pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar mereka Penelitian selanjutnya perlu mengeksplorasi stategi untuk mengatasi kendala tersebut dan mengevaluasi potensi media permainan lainnya dalam Pendidikan Anak Usia Dini.

References

Angkur, M. F. M., Sum, T. A., Palmin, B., & Nahim, V. C. (2023). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Ular Tangga. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2443–2452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3190

Astuti, F., & Nuhammad Awin Alaby. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Permainan Ular Tangga. Prosiding Seminar Nasional …, 1–10. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/131

Bali, M. M. E. I., Salsabila, N. S., Wulandari, A. S., & Hasanah, S. R. (2023). Pendampingan Literasi Numerasi Digital Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Anak di RA Ihyaul Islam. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(8), 1596–1605. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i8.392

Filtri, H. (2023). Peran Orangtua Dalam Pengembangan Literasi Numerasi Pada Anak Usia Dini. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3547–3556.

Hasni, U., Alim, K., . E. F., Ramadani, D. T., & Nasution, P. E. (2024). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Numerasi Sebagai Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Anak Usia 6 Tahun di SDN 065 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.47233/jpst.v3i1.1432

Juli Rahmania. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bintang Mulia Rimbo Panjang.

Kurniasih, R. (2014). MEDIA ULAR TANGGA JEJAK PETUALANG SEBAGAI MEDIA. Cakrawala Dini, 5, 119–125.

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50

Sufa, F. F., & Widyahening, C. E. T. (2023). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Matematika dalam Perkembangan Kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3819–3830. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3646

Sulistyorini, Y., & Sumajaya, A. S. (2024). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga dalam pembelajaran literasi dan numerasi. Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains, 7281, 29–36. https://doi.org/10.28989/ cakrawala.v1i2.2200

Wahyuni, A. (2022). Membangun Literasi Numerik Dan Sains Paud Untuk Menerapkan Pembelajaran Yang Menyenangkan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 3103–3108. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i11.1715

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728

Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 51. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf

Downloads

Published

2025-12-27

How to Cite

Barokah, A. N. ., Mulyadi, S., & Gandana, G. . (2025). Penggunaan Media Ular Tangga untuk Mengembangkan Literasi Numerasi pada Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 9(1), 191–199. https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1885

Issue

Section

Articles