Stimulasi Kecerdasan Visual Spasial Melalui Seni Mozaik untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1884Keywords:
Kecerdasan visual spasial, seni mozaik, anak usia diniAbstract
Kecerdasan visual spasial merupakan kemampuan yang penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini yang mempengaruhi pengalaman mereka terhadap lingkungan sekitarnya. Seni mozaik dengan yang mana dapat memadukan elemen visual dan spasial serta menggunakan bahan dengan kepingan-kepingan baik berupa kaca, daun atau pun kertas, dapat menjadi kegiatan yang efektif untuk merangsang kecerdasan anak. Artikel ini ditulis dengan menggunakan metode studi pustaka untuk mengeksplorasi bagaimana seni mozaik dapat menjadi alat yang efektif untuk dapat menstimulasi kecerdasan visual spasial pada naka usia dini. Temuan utama menunjukan bahwa partisifan dalam aktivitas seni mozaik mampu meningkatkan pemahaman visual spasial anak-anak, memperkaya proses belajar mereka melalui eksplorasi warna, bentuk, ukuran, pola dan komposisi geometris. Maka seni mozaik dapat menjadi kegiatan pembelajaran yang menarik dan efektif untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial anak usia dini. stimulasi kecerdasan visual spasial anak dikembangkan dengan seni mozaik dimana anak juga dapat menemukan pengalaman berharga dengan temuan-temuan yang unik dalam seni mozaik terutama untuk visualisasinya.
References
Ardiansyah, M. A. (2021). Mengembangkan Kecerdasan Multiple. Musawa, 13(1), 106–133.
Danang Dwi Prasetyo, & Muhammad Zainal Abidin. (2021). Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggunting dan Menempel di TKIT Yaumi Faitmah Pati. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 4(2), 236–248. https://doi.org/10.54396/saliha.v4i2.195
Fahruddin, F., Nurhasanah, N., Astin, B. N., & Fitriana, L. R. (2021). Pengembangan Teknik Mozaik Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Tk Islam. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(2), 36–44. https://doi.org/10.29303/jmp.v1i2.2878
Farida, D. M., Dwi, W., Eka, W. K., Nissaul, H., & Sri, H. B. (2021). Farida_Mayar_Pendidikan_Anak_Usia_Dini.pdf (M. Risty (ed.)). PT RAJA GRAFINDO PERSADA.
Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota lain . Kegiatan yang tersebut dirancang dan dilaksanakan pada proses pembelajaran pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( LPAUD ). Kemampuan mot. Journal of SECE (Studies in Early Chilhood Education), 1(1), 1–12.
Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (2020). Perkembangan Meningkatkan Kecerdasan.
Muhaemin dan Yonsen Fitrianto. (2022). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Nomor 3).
Musfiroh, T. (2014). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences), 60, 1–60. http://repository.ut.ac.id/4713/2/PAUD4404-TM.pdf
Panjaitan, A. A., & P, J. H. (2023). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggambar. Pediaqu:JurnalPendidikan Sosial dan Humaniora, 2(3), 11494. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/364/353
Qurniyawaty. (2020). Mozaik Bentuk Geometri Untuk Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Mutiara Hati Manyaran Semarang.
Rahim, N. A., Musi, M. A., & Rusmayadi, R. (2020). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Nusa Makassar. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 15. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14434
Sari, N. (2021). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Bangsa Panjang Bandar Lampung.
Sari, P. . (2016). Pengaruh Bermain Puzzle Geometri Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun.
Simatupang, Dorlince.Ema, Lady. (2015). 75795-ID-none. 7–13.
Sit, M. (2020). Kecerdasan majemuk. http://ci.nii.ac.jp/ncid/BN12734255
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

