Perancangan Game Edukasi Interaktif untuk Belajar Huruf Hijaiyah Menggunakan Aplikasi Construct 2

Authors

  • Heni Laelasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gilar Gandana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anggi Maulana Rizqi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1874

Keywords:

Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Pendidikan anak usia dini, Game  edukasi interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif berbasis HTML5 menggunakan Scirra Construct 2, dengan fokus meningkatkan minat dan motivasi anak-anak dalam mempelajari huruf Hijaiyah secara lebih menarik dan interaktif. Tujuan utamanya adalah mempermudah anak-anak dalam memahami serta membaca Al-Qur'an dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Dalam proses penelitian ini, data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, dokumentasi, internet, dan literatur terkait untuk mendukung kevalidan dan keakuratan informasi yang disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tampilan multimedia dan desain yang interaktif secara signifikan meningkatkan minat peserta, terutama di kalangan anak-anak dan orang dewasa. Media pembelajaran interaktif dinilai memberikan manfaat besar bagi siswa dalam hal memahami huruf Hijaiyah dan konsep-konsep Al-Qur'an secara lebih menyeluruh. Dengan demikian, pendekatan ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar mereka tetapi juga membangun dasar yang kuat untuk pemahaman agama sejak dini, yang penting bagi perkembangan spiritual dan intelektual anak-anak.

References

Azzahra, F., & Irawan, M. (2022). Al-Qur'an sebagai panduan hidup bagi umat manusia.

Dalam Departemen Agama RI (Ed.), *Al-Qur'an: Penawar dan rahmat bagi orang-orang beriman* (hlm. 82). Jakarta: Penerbit Agama Indonesia.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2004). *Al-Qur'an: Penawar dan rahmat bagi orang-orang beriman* (No. Publikasi 12345). Jakarta: Departemen Agama RI.

Imanah. (2021). Mengenal huruf hijaiyah: Langkah awal dalam memahami dasar membaca Al-Qur'an. Jakarta: Pustaka Imanah.

Gunawan. (2019). Pentingnya mengenal huruf hijaiyah dalam pendidikan agama anak-anak. Jakarta: Penerbit Gunawan.

Iqromah, A. (2018). Bahasa dalam perkembangan anak: Kajian tentang bahasa reseptif dan ekspresif. Jakarta: Penerbit Anak Cerdas.

Munir. (2015). Multimedia interaktif: Definisi dan aplikasi dalam pendidikan. Jakarta: Penerbit Multimedia Edukasi.

Pasya, A., & Saputro, B. (2018). Penerapan multimedia pembelajaran interaktif dalam PAUD

Pahari, F., & Rohr, D. (Eds.). Pembelajaran multimedia interaktif: Teori dan aplikasi (hlm. 123-145). Jakarta: Pustaka Pendidikan.

Pahari, F., & Rohr, D. (Eds.). (2009). Pembelajaran multimedia interaktif: Teori dan aplikasi. Jakarta: Pustaka Pendidikan.

Republika. (2018). Tingkat buta huruf Al-Qur'an di Indonesia. Diperoleh dari http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/04/06/p7op4i384-tingkat-buta-huruf-alquran-di-indonesia

Team Tadarus AMM. (2003). Peran lembaga pendidikan Al-Qur'an dalam meningkatkan literasi Al-Qur'an di Indonesia. Jakarta: Pustaka AMM.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Laelasari, H. ., Gandana, G. ., & Rizqi, A. M. . (2025). Perancangan Game Edukasi Interaktif untuk Belajar Huruf Hijaiyah Menggunakan Aplikasi Construct 2. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 426–431. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1874

Issue

Section

Articles