Metode Pembiasaan untuk Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1868Keywords:
metode pembiasaan, kemandirian, anak usia diniAbstract
Saat ini pendidikan karakter yang terjadi di kalangan pendidik serta masyarakat mendapatkan perhatian lebih. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) mempunyai nilai-nilai penting untuk dikembangkan dalam budaya satuan pendidikan. Pendidikan karakter harus dilaksanakan sedini mungkin, karena pendidikan karakter bukan hanya sekedar pembiasaan perilaku melaikan tentang pengembangan pemikiran yang baik, jika karakter dan perilaku anak ibu baik, maka akan menjadikan anak tersebut berhasil. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis metode pembiasaan untuk mengembangkan karakter kemandirian anak usia dini melalui tinjauan literatur yang ada. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode literature review. Dimana penelitian ini mengambil intisari dari berbagai sumber yang kemudian dianalisis kembali oleh penulis. Dari hasil tinjauan literature yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode pembiasaan sangat efektif dilakukan untuk mengembangkan karakter kemandirian anak usia dini, karena metode pembiasaan dilakukan setiap hari secara berulang-ulang, shingga hal tersebut dapat membantu anak dalam mengembangkan kemandiriannya. Dimana dalam metode pembiasaan terdapat 3 kegiatan yang dapat dilakukan, yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan kegiatan dengan keteladanan.
References
Aini, N. Q., Faturohman, N., & Darmawan, D. (2023). Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Guna Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini di KB Azzahroh Serang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 98–113. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1051
Arif, A., Fattah, A., & Amrullah, W. (2020). Pembinaan Karakter Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri Di Pondok Pesantren. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 112–130. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/8357
Aryani, K. P., Ismaya, E. A., & Kuryanto, M. S. (2022). Analisis Bentuk Kemandirian Anak Di Desa Gondosari. Jurnal Pendidikan, 10(1), 1–6. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i1.1328
Aufa, A. A., Laela, U. N., & Qomariyah, S. N. L. (2022). Konsep, Strategi Dan Metode Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid 19. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 3(1), 80–94. https://doi.org/10.32665/alaufa.v3i1.1195
Bahuwas, S. W. (2021). Meningkatkan Kemandirian Anak Dengan Metode Pemberian Tugas Pada Siswa Kelompok a2 Tk Islamic Centre Manado. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 1(01), 1–21. https://doi.org/10.30984/ijece.v1i01.110
Fajarwatiningtyas, A., Akbar, S., & Ishaq, M. (2021). Metode Pembiasaan dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(4), 494. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i4.14692
Gularso, D., & Firoini, K. A. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Program Pembiasaan Di Sd Islam Terpadu Insan Utama Bantul Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2(2), 19–25. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/732
Halimatussa’diah, Y., & Napitupulu, R. H. M. (2023). Penerapan Metode Pembiasaan untuk Mendorong Perkembangan Kemandirian Anak. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 90–96. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3147
Liuriana, R., Lamirin, L., & Darsono, D. (2021). Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Kemandirian Anak Di TK B Sekolah Maitreyawira Deli Serdang Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosiding Bodhi Dharma, 1(1), 62–74.
Mubin, M. S. (2020). Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi. Jurnal Reforma, 9(2), 114. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.319
Ni’mah, K., Sukartiningsih, W., Darminto, E., & Purwono, A. (2022). Model Pembiasaan Karakter Tanggung Jawab Dan Kemandirian Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-. MODELING: Jurnal …, 9, 160–181. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1156%0Ahttps://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/download/1156/726
Nurislaminingsih, R., Rachmawati, T. S., & Winoto, Y. (2020). Pustakawan Referensi Sebagai Knowledge Worker. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 169–182. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.169-182
Oktaviani, A. N. H. N. A. (2023). Penerapan Metode Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Mutiara, 7(2).
Paramitha, C. P. (2023). Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Paud Kb Al-Fina Tambun Selatan. Edu (Community Education Journal), 5492, 124–128. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/12313%0Ahttp://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/download/12313/4363
Retnaningsih, L. E., & Rosa, N. N. (2022). Trik jitu menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini. Nawa Litera Publishing.
Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 1(1), 113–128. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2017.001.01.7
Sunarti, C., Uwie, W., & Sumitra, A. (2018). Pembentukan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori Di Tk Almarhamah Cimahi. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 47. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p47-57
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.