Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak di Kelompok B2 TK Rizani Putra

Authors

  • Zea Mazaya Universitas Jambi
  • Rizki Surya Amanda Universitas Jambi
  • Nyimas Muazzomi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1835

Keywords:

permainan bowling, mengenal konsep bilangan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa anak pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung kemampuan mengenal konsep bilangan beberapa anak belum terlihat berkembang dengan baik. Terlihat pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung ada beberapa anak masih mengalami kesulitan yang dimana anak acap kali melompat bilangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh permainan bowling terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, dengan jumlah sampel 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan teknik uji instrumen menggunakan uji validitas. Uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yang menggunakan uji t, merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai skor pre-test dan post-test, dimana hasil pre-test yang diperoleh 5,53 dan post-test 9,53. Hasil tersebut didasarkan dari analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t test (uji t). Analisis ini diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan permainan bowling terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B2 di TK Rizani Putra tahun ajaran 2023/2024.

References

Agustin, Mubiar dan Puspita, R. (2020). Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Sekolah Dasar, Jurnal Cakrawala Pendas, Vol 6 (1), 84–92.

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada. Media Group

Alfiyah, Nurul. "Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Angka 1–10 Melalui Permainan Bola Bowling Pada Anak Kelompok A Di Tk Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015." (2018).

Ardiyanto, A. (2017). Bermain sebagai sarana pengembangan kreativitas anak usia dini. Jendela Olahraga, 2(2).

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Elpa Maya, Ria Novianti, dan Febrialismanto Febrialismanto. "Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Animals Manipulatife Lotto Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Alfarizky Kids Kabupaten Kampar." Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 3.1 (2020): 97-107.

Azizah, Mia Ilhami, et al. "Mengembangkan Permainan Bowling Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok A di Paud Adrikna Selen Aik Kecamatan Narmada Tahun 2021." Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education 3.3 (2022): 479-486.

Bujuri, Dian Andesta. "Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar." LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 9.1 (2018): 37-50.

Citra, Nostalgianti, Pascalian Hadi Pradana, dan Nabilah Nabilah. "Pengaruh Permainan Bowling Bergambar Angka Terhadap Keterampilan Kognitif Anak Usia Dini." Journal of Elementary School (JOES) 5.2 (2022): 136-141.

Danuri, Prosa PGSD, Siti Maisaroh, and P. G. S. D. Prosa. "Metodologi Penelitian Pendidikan." (2019).

Depdiknas. 2009. Permendiknas No.58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Fara, Fiska, Rosita Wondal, dan Nurhamsa Mahmud. "Kajian penerapan permainan bowling berbahan bekas pada kemampuan berhitung permulaan anak." Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 2.2 (2020): 72-81.

Hardianti, Rima H., dan Ali R. Rahman. "Mengembangkan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Bowling, Model Explicit Instruction, Metode Bermain Dan Pemberian Tugas Di Tk." Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) 1.2 (2021): 25-33.

Hayati, Siti Nur, dan A. R. Koesdyantho. "Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Permainan Bowling Pada Anak Kelompok B Kb Lestari Karangbangun." JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD 2.1 (2017): 35-42.

Hikmah, Riska Dwi Nurul. Penerapan Bermain Bowling Dalam Meningkatkanmotorik Kasar Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Nahdatul Ulama Mataram Baru Lampung Timur. Diss. IAIN Raden Intan Lampung, 2017.

Holis, Ade. "Belajar melalui bermain untuk pengembangan kreativitas dan kognitif anak usia dini." Jurnal Pendidikan UNIGA 10.1 (2017): 23-37.

Indarwarti, Anik. "Mengembangkan kecerdasan kognitif anak melalui beberapa metode." Psycho Idea 15.2 (2018): 108-118.

Kamtini, Kamtini, dan Desi Ari Sandy. "Pengaruh Permainan Bowling Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 05 Medan Tahun Ajaran 2016/2017." Jurnal Bunga Rampai Usia Emas 3.1 (2017): 13-25.

Khadijah, Khadijah. "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini." (2016).

Khairuni, Khairuni. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bowling Angka di Pendidikan Anak Usia Dini Permata Bunda Aie Angek Sijunjung. Diss. Universitas Negeri Padang, 2017.

Khan, Rosa Imani, dan Ninik Yuliani. "Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan bowling kaleng." UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan 10.01 (2016): 65-71.

Mahdalena, Aulia, Sofia Nur Afifah, dan Hermawati Dwi Susari. "Pengaruh Permainan Bowling Modifikasi terhadap Kemampuan Membilang Anak Usia 4-5 Tahun." Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. Vol. 7. No. 1. 2023.

Mazra, Miftahul. Penggunaan APE Bowling Kaleng untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan pada Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Meukek Aceh Selatan. Diss. UIN AR-RANIRY, 2020.

Mutmainnah, Sitti. Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Membaca Dan Menulis Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Ra-Alyusufi Dasok Pademawu Pamekasan. Diss. Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2017.

Nadirahsyahla, Shinta, Taty Fauzi, dan Dessi Andriani. "Pengaruh Permainan Bowling Huruf terhadap Kemampuan Mengenal Kata pada Anak Usia Dini." PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6.01 (2022): 16-24.

Nuryadi, dkk. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Ngringinan, Palbapang, Bantul, Yogyakarta, 55713: Sibuku Media, 2017.

Ni'matuzahroh, S. P. M. S., and Susanti Prasetyaningrum. Observasi: teori dan aplikasi dalam psikologi. Vol. 1. UMMPress, 2018.

Novitasari, Yesi. "Analisis permasalahan" Perkembangan kognitif anak usia dini”." PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2.01 (2018): 82-90.

Oktavia, Dewi Mike, Fathor Rozi, dan Indah Latifah. "Pengaruh Bowling Kaleng Terhadap Motivasi Belajar Anak." Jurnal Pendidikan Glasser 6.1 (2021): 1-9.

Payadnya, I. Putu Ade Andre, and I. Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan spss. Deepublish, 2018.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Pratiwi, Wiwik. "Konsep bermain pada anak usia dini." TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5.2 (2017): 106-117.

Pristianti, Milla. Penerapan permainan bowling angka terhadap kemampuan kognitif anak. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2021.

Reswita, Reswita, dan Sri Wahyuni. "Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis." Jurnal Pendidikan 9.1 (2018): 43-51.

Roliana, Eva. "Urgensi pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini." Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar. 2018.

Saputra, Aidil. "Pendidikan anak pada usia dini." At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam (2018): 192-209.

Saputra, R. 2018. Cara Menghitung Effect Size. http://tutorimaru.blogspot.com/2018/02/cara-menghitung-effect-size.html

Diakses 29 November 2023.

Sofyan, Hendra. Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Jambi: CV.Infomedika, 2018.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Swarjana, I. Ketut, and MPH SKM. Populasi-sampel, teknik sampling & bias dalam penelitian. Penerbit Andi, 2022.

Yahya, A. D. "Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali Dan Jean Piaget." KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) 5.2 (2018): 97-104.

Yam, Jim Hoy, and Ruhiyat Taufik. "Hipotesis Penelitian Kuantitatif." Jurnal Ilmu Administrasi 3.2 (2021): 96-102.

Zega, Berkat Karunia, dan Wahyu Suprihati. "Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak." Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 3.1 (2021): 17-24.

Downloads

Published

2025-12-27

How to Cite

Mazaya, Z. ., Amanda, R. S., & Muazzomi, N. (2025). Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak di Kelompok B2 TK Rizani Putra. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 9(1), 116–124. https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1835

Issue

Section

Articles