Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1834Keywords:
Project Based Learning (PjBL), KreativitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Pre-Experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 102 anak, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 22 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis teknik purposive sample. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi sebagai instrumen penelitian yang telah diuji validasi. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Paired Samples Test. Hasil dari analisi data menggunakan pengujian hipotesis uji-t Paired Samples Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 <0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi pada data pre test dan post test. Untuk melihat berapa besar pengaruh, dapat diketahui dengan perhitungan effect size menggunakan rumus cohen’s, besarnya pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi sebesar 4,1. Hasil tersebut didalam tabel kriteria interpretasi nilai cohen’s termasuk kedalam kategori yang berefek kuat (strong effect) terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berpengaruh positif terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi.
References
Agustina, P. (2021). Kontribusi Project Based Learning Terhadap Stimulasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Early Childhood Education and Development Journal, 3(1), 27-34.
Akbar & Eliyyil. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta : Prenada Media.
Alayinda, A., Ali, M., & Yuniarni, D. (2019). Peningkatan Kreativitas Melalui Metode Proyek di PAUD Aisyiyah Busthanul Atfhal 3 Pontianak Tenggara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i3.31902
Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dan Penerapannya pada Anak Usia Dini di TK IT Al-Farabi. Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 181-199. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912
Amimi, & Aisyah. (2014). Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. In Modul Perkuliahan Universitas Terbuka.
Ardiyanto, A. (2017). Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Journal Upgris : Jendela Olahraga, 2(2). https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1700/upgris
Badriah R.(2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai Di Tk Pertiwi 1 Raja Basa Lama.Skripsi.Lampung : IAIN Metro.
Dina P. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Barang Bekas Di Raudhatul Athfal Jauharotul Mualimin Gayau Sakti Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah.Skripsi. Lampung : IAIN Metro.
Elia Rosa. (2022).Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Tanjung Morawa. Skripsi. Medan : Universitas Negeri Medan.
Fadillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SD/MTS Dan SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz
Febrina D.M. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Di Ra Cendikia Al Madani Ngambur Pesisir Barat. Skripsi. Lampung : UIN Raden Intan Lampung.
Gide, A. (2018). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. https://doi/org/ 10.37196/kenosis.v1i1.23
Halim & Fauziatul. (2017). Memaham Kesiapan Belajar Anak Melalui 7 Prinsip Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Almuslim. Edisi Khusus. No 3.
Handayani H. P. (2018). Pengembangan kreativitas anak usia dini Dalam keluarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera. https://doi. org/10.24114/jkss. v15i2, 8774.
Hapsari, D. T. (2020). Pengembangan model project based learning (pjbl) untuk meningkatkan keterampilan financial literacy anak usia 5-6 tahun di Yogyakarta. Eprints. Uny. Ac. Id, 20(1), 1-136.
Ismiatun, A. N., Muazzomi, N., & Syafina, N. (2024). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Mahasiswa dalam Mengembangkan APE berbasis Kewirausahaan: The Influence of Project Based Learning on Student Creativity in Developing Entrepreneurship-based APE. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 10(1), 51-55.
Kusumawardani, R., Rosidah, L., Wardhani, Rr. D. K., & Raharja, R. M. (2018). Profil Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1). Https://Doi.Org/10.21009/Jiv.1301.2
Maharani.(2023). Analisis Kreativitas Anak Melalui Media Loose Part Di TK Putri Cipiring Mudung Darat Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi.Skripsi.Jambi : Universitas Jambi.
Maulidah, E. (2019). Efektifitas model project based learning (PJBL) untuk meningkatkan keterampilan 4C (Critical Thingking, Creativity, Communication, and Collaboration) siswa kelas IV SDN Karang Melok I Tamanan Bondowoso (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin.malang.ac.id/id/eprint/16025
Munandar, (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta : Rineka Cipta,
Munfarijah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja Dan Kreativitas Dalam Kepemimpinan Paud. Jurnal Kependidikan, 3(2), 163–182. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.905
Novi.M. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr. Https://Doi.Org/ 10.24090/Jimrf.V3i1.1013
Pebrina S.2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Dengan Permainan Balok Di Taman Kanak- Kanak Sabrina Sukarame Bandar Lampung.Skripsi.Lampung : IAIN Raden Intan Lampung.
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2017). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak TK. In Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak TK. Jakarta : Kencana.
Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini, Motoric,1(1), 10. https://doi.org/10.31090/ paudmotoric.v1i1.547
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung. E-Jurnal Ekonomi Danbisnis Universitas Udayana, 11.
Sujiono, Y. N. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. In Universitas Terbuka.
Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi Dan Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Journal Of Education Management & Administration Review, 1(2). http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i2.944
Susanto & Ahmad. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: Bumi
Thezy M.J.2023. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma Wanita Sungai Liuk Kecamatan Pesisir Bukit.Skripsi.Jambi : Universitas Jambi.
Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan penerapannya dalam proses pembelajaran di kelas. Deepublish. Yogyakarta.
Utami & Munandar. .Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta. 2014.
Utiarahman, T. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Pemberian Tugas Menganyam Kertas Dan Melipat Kertas. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 183. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.901
Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin. Jawa tengah.
Wulandari, N. (2020). Media Karman (Kardus Ragam Permainan) Untuk Meningkatkan Kemampuan Aspek Perkembangan Dasar Pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(1). Https://Doi.Org/10.35473/Ijec.V2i1.425
Yuliani N.S. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yulianingsih & Yuyun.(2020). "Pengenalan Covid-19 pada anak usia dini melalui metode bercerita." Digital Library UIN Sunan Gunung Jati”.
Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan, http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8729
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

