Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi "CEBUNI" untuk Mencegah Perilaku Bullying pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1833Keywords:
: Learning Media; Based on Animated videos; Bullying; Early Childhood; DevelopmentAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat dan mengembangkan alat pembelajaran berbasis video animasi terkait pencegahan bullying pada anak usia dini. Media ini dibuat bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak terkait pencegahan perilaku bullying. Dalam video animasi menjelaskan terkait perilaku bullying yang dikemas dalam bentuk video antara percakapan ibu dan anak. Metodologi yang digunakan yaitu R&D. Adapun tahapan yang dilakukan yaitu meliputi analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket yang di analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK Kujangsari. Hasil penelitian ini media pembelajaran berbasis video animasi dikategorikan sangat layak dengan penilaian sebagai berikut: 1) Penilaian dari ahli materi kepaudan memperoleh persentase kelayakan 87,5% yang dapat dikategorikan sangat layak, 2) Penilaian dari ahli materi bullying memperoleh persentase kelayakan 96% yang dikategorikan sangat layak. 3) Penilaian dari ahli media memperoleh persentase kelayakan 98% yang dapat dikategorikan sangat layak, 4) respon anak terkait media pembelajaran mendapatkan persentase kelayakan 94% yang dapat dikategorikan sangat layak. Jadi kesimpulan yang dapat dibuat bahwa alat pembelajaran yang dibuat oleh peneliti ini layak untuk digunakan.
References
Amalia, R., Herdriana, B., & vinayastri, A. (2021). Dampak Bullying Terhadap Psikososial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7(2), 115-123.
Juvonen, J., & Graham, S. (2014). Bullying in schools: The power of bullies and the plight of victims. Annual review of psychology, 65, 159-185.
Prasetiawan, AY. (2019). Perkembangan Masa Keemasan dalam Perspektif Pendidikan Islam. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6 (1), 100-114.
Pratiwi, R.W., & Maulidiyah, E. C. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Sigemi (Siaga Gempa Bumi) Sebagai pengenalan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood Education), 7(2), 58-68.
Rijkiyani, R. S. (2022). Peran Orang Tua dalam Menceritakan Potensi Anak Pada Masa Golden Age. Basicedu, 6 (3).
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung; Alfabet.
Syarifurrizal, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Identifikasi Perilaku Baik dan Buruk Dengan Benar dalam Berinteraksi Untuk Kemajuan Budaya Bernegara Masa Kini. In Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era (Vol. 1, No. 1, pp. 426-448)
Tirmidzi, A., Farida, N. s., Lestaro, R. F., Trianita, R., Khoerunnisa, S., & Khoemaeny, E. F. F. (2018). Upaya Menghindari Bullying Pada Anak Usia Dini Melalui Parenting. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59-65, https://doi.org/10.035568/earlychildhood.v2il.239
Utami, K. (2013). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di sekolah dasar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

