Metode Fun Learning Terhadap Keterampilan Matematis Anak BIMBA AIUEO Karangmangu Kroya

Authors

  • Dani Faozan Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Reni Untarti Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1830

Keywords:

Metode fun learning, Keterampilan matematis, Pendidikan Anak Usia Dini, Peran Guru, biMBA AIUEO

Abstract

Keterampilan matematis lebih mudah dikuasai anak usia dini melalui metode pembelajaran fun learning dan akan sangat berguna dalam jenjang pendidikan selanjutnya. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana efektivitas metode fun learning biMBA AIUEO Karangmangu terhadap keterampilan matematis anak usia dini, peran guru, dan kaitan antara keterampilan matematis yang di peroleh anak dengan pembelajaran matematika di jenjang selanjutnya. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data direduksi, disajikan, dan ditarik sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa di biMBA AIUEO Karangmangu, anak memiliki keterampilan matematis seperti mengenal dan menyebutkan angka, mengenal jumlah benda sesuai dengan angka, memahami konsep dasar jumlah, mengidentifikasi pola sederhana, mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna, dan menyelesaikan masalah sederhana matematika seperti soal cerita terkait penjumlahan dan pengurangan yang diperoleh dari belajar dengan metode fun learning. Guru berperan dalam keberhasilan anak biMBA agar keterampilan matematis yang diperoleh anak dapat berguna untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

References

Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2021). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1325–1338. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.846

Alwahidi, A. A., Sani, M. I., Dewi, A. M., Darmawangsa, S. S., Alawiyah, T. N. A., Rohimah, S., Imtihan, Z., Hasmiati, W., Mustapida, H., & Sukenti, K. (2021). Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 120–123. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.682

Amaliyah, S., & Ayu, D. P. (2023). Optimalisasi Metode Pembelajaran Bernyanyi untuk Menumbuhkan Perkembangan Kognitif Anak TK Dharmawanita Krajan Kesugihan Pulung Ponorogo. Social Science Academic, 2023, 377–384.

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773

Ansori, Ismayanti, & Widiastuti, N. (2023). Upaya Pendampingan Pembelajaraan Daring Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Bimba-Aiueo Tanimulya. 6(2), 220–232.

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65

Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091

Kampa, R., Lokollo, L., & Makaruku, V. K. (2023). Hubungan Pelatihan dengan Kinerja Guru PAUD Berbasis Bahasa Sehari-Hari di Kota Ambon. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 963–970. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3630

Kennedy, L. M., Tipps, S., & Johnson, A. (2008). Guiding Children’s Learning of Mathematics.

Lubis, H. Z. (2023). Model Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Babarsari. Jurnal Raudhah, 11(2), 171. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.2803

Pangestu, F. G., Suri, G. E., Fitri, M., Dewi, P. A., & Widjayatri, R. D. (2022). Strategi Pembelajaran Fun Learning di bimba aiueo di Kota Cilegon. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 5(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.991

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Savik, V. A., Musa, S., & Sutarjo. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Small Step System dalam Meningkatkan Minat Baca di Lembaga biMBa AIUEO (Studi Kasus di biMBA AIUEO Nagasari Kabupaten Karawang) 1Vilda. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 7(1), 21–31. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/15299/8842

Utoyo, S. (2017). Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini.

Utoyo, S., & Arifin, I. N. (2017). Model Permainan Kinestetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Awal Pada Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 323–332. https://doi.org/10.21009/jpud.112.10

Yustin, M. (2024). Pengaruh Permainan Angka Dalam Meningkatkan Logika Matematika Anak Usia Dini di PAUD. Pengembangan Pendidikan, 8(2), 1–6. https://jurnalhost.com/index.php/jpp/article/view/570/722

Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Sugihan 03. Educational Learning and Innovation, 2(1), 73–85. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1

Downloads

Published

2025-12-27

How to Cite

Faozan, D. . ., & Untarti, R. (2025). Metode Fun Learning Terhadap Keterampilan Matematis Anak BIMBA AIUEO Karangmangu Kroya. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 9(1), 99–106. https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1830

Issue

Section

Articles